Ketua MK RI DR Anwar Usman Memamgku gelar Datuak Rajo Alam Batuah



SUMBARNET.COM - Prosesi pengukuhan gelar untuk Ketua Mahkamah Konstitusi RI (MK RI) DR. Anwar Usman sebagai Datuak Rajo Alam Batuah, berlangsung secara khitmat.


Gelaran pengukuhan adat itu dilaksanakan di Pondok Pesantren Darul Ulun Al Falah, Palembayan, Pasia laweh, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam, pada Minggu (28/8).


"Pemberian gelar adat kepada Ketua MK, itu bukan ujuk-ujuk, melainkan melalui proses nan berjenjang. Gelar sangsako adat itu diberikan kepada orang yang berjasa kepada nagari, khususnya nagari Pasia Laweh", ujar Walinagari Pasia Laweh Zul Arfin. 


Hadir dalam acara teraebut Wakil Gubernur Sumbar Audy Yunaidi, Bupati Agam Andri Warman dan sejumlah pejabat teras Kementrian, juga terlihat anggota Komisi II DPR RI, Reiska Oktoberia dan tamu undangan lainya dari berbagai konstitusi.


Juga tampak hadir perwakilan Desa konstitusi Wasut Papua, Bang bang Bali dan Desa Galesong, Sulawesi Selatan.


Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pasia Laweh Eriniadi Dt. Parpatih, yang dinobatkan memimpin prosesi adat itu, terlihat sukses menunaikan amanah, tidak saja menyisipkan keris dipinggang Ketua MK, pemasangan Saluak di kepalapun sesuai dengan aluran adat. (Nia)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius