Mambangkik Batang Tarandam, Danlantama II Padang Sandang Gelar Datuak Bagindo Malano Nan Hitam



SUMBARNET.COM - Pemberian gala (gelar) datuak kepada seseorang tidak semudah membalikan telapak tangan, harus melalui kesepakatan suatu kaum atau suku yang ada di wilayah Minangkabau Provinsi Sumatra Barat, setelah itu disetujui sampai ke tingkat rapat adat oleh para tokoh pemuka adat setempat Kerapatan Adat Nagari (KAN).


Datuak di adat Minangkabau seperti diistilahkan "kapai tampek batanyo, kapulang tampek babarito, ibarat kayu gadang ditangah koto.


Pada hari minggu (29/08/21) di Nagari cingkariang kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam Sumatera Barat. Telah dilewakan gelar adat Pusako yaitunya Datuak Bagindo Malano Nan Hitam yang bersuku pisang oleh ketua KAN Cingkariang, yang juga dihadiri oleh seluruh Niniak Mamak se Nagari Cingkariang, yang juga dihadiri oleh petinggi-petinggi di Sumatera Barat.


Laksamana Pertama TNI Hargianto.S.E.,M.M.,M.Si(Han) Komandan Pangkalan Utama TNI AL Danlantamal II Padang, yang dinobatkan dari suku PISANG ini sebagai Niniak Mamak Mereka yang bergelar Dt. BAGINDO MALANO NAN HITAM. Seperti hal  yg dengar dilapangan, dimana dilangsungkannya acara pengangkatan gelar adat ini, bahwa kaum pisang ini sudah lama tidak membawa gelar pusako, dalam bahasa adatnya adalah MAMBANGKIK BATANG TARANDAM.


Laksamana bintang satu ini, merupakan lulusan Akademi TNI Angkatan Laut Angkatan XXII atau lulusan tahun 1987.Sudah berbagai penugasan yang dilalui, Laksamana Pertama Hargianto, mulai dari kapal perang sebagai Komandan KRI Silas Papare nomor lambung 386 di pangkalan dan di staf ALRI.


Saat ini, Laksamana bintang satu, asli putra daerah jorong Cingkariang kanagarian Cingkariang Kabupaten Agam, dikampungnya itu disapa Anto ini "Jikok duduaknyo lah Samo randah jikok tagaknyo lah Samo tinggi"  didalam nagari nan diunyi.


Adaik alah Baisi...kok limbago alah batuang dalam nagari cingkariang, pasukuan suku pisang jirek.


Laksamana  Pertama Hargianto merupakan anak dari pasangan Hj Darnis. (Almh), dan Bapak H. Bahar Sutan Baheram (Alm) merupakan sosok yang cukup dikenal dekat dengan semua lapisano masyarakat. Sudah saatnya untuk mengabdi lagi ke keluarga besar pasukuan, manjadi Datuak dikaum pisang jirek ini. (Nia)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius