Wabup Iraddatillah Dampingi Tim BalitbuTropika Kunjungi Kebun Pisang Kepok Tanjung



SUMBARNET.COM - Dikunjungi tim BalitbuTropika (Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika Solok) Wakil Bupati Sijunjung, H. Iraddatillah, S.Pt menginginkan kebun pisang Kepok Tanjung (Tanpa Jantung) bisa dijadikan percontohan untuk petani di Kabupaten Sijunjung. 


Pisang Kepok Tanjung (Kepok Tanpa Jantung) merupakan kekayaan plasma nutfah Indonesia yang dikembangkan oleh Balitbu Tropika-Solok pada 2010 lalu dan menjadi varietas unggul.


"Pisang Kepok Tanjung ini ditanam tahun lalu pada 3 lokasi, sekarang sudah mulai berproduksi dan Pak Anjung adalah motivatornya,” ucap Wabup Iraddatillah

di pondok kebun pisang percontohan miliknya yang berada di Nagari Muaro Bodi-Kecamatan IV Nagari, Jum'at 27 Agustus 2021.


Wabup juga mengharapkan kepada Balitbu Tropika Solok agar dapat memberikan pembinaan kepada kelompok tani di Kabupaten Sijunjung, karena pada pandemi covid 19 saat ini, pertanianlah yang menjadi penopang perekonomian bagi masyarakat


Pak Anjung yang merupakan seorang petani yang telah sukses membudidayakan pisang binaan Balitbu Tropika di Nagari Salayo-Solok ini menyebutkan, "Saat ini permintaan pisang Kepok Tanjung sebanyak 5 truk per hari untuk pasar di Jakarta belum mampu kita penuhi. Sijunjung ini lahannya subur mari kita manfaatkan untuk bertanam pisang,”ujarnya.


Sementara itu peneliti dari Balitbu Tropika Dr. Edison Hs didampingi Dra. Jumjunidang, M.Si, dan Tri Budiyanti, SP, M.Si mengatakan bahwa Balitbu Tropika semenjak 2013 telah melakukan pembinaan terhadap Garcitea di Nagari Latang dan telah mengembangkan Durian Kalumpang.


"Kita juga akan menjadikan lokasi ini menjadi lokasi induk untuk mengisi permintaan bibit dari petani dan pastinya akan kita bantu, kita berharap kebun pisang kepok jantung ini menjadi lokasi studi bagi kelomlok tani se sumatera barat nantinya, "ujar Edi.


Setelah berkunjung ke ladang pisang kepok jantung, Wabup Iraddatillah juga membawa Tim Balitbu Tropika ke lokasi kebun percontohan buah buahan juga dibawah binaan dan pendampingan Bpk Anjuang, di jalan tol pasar jum'at muaro.


Dalam kunjungan itu, wabup juga didampingi Sekretaris Dinas Pertanian, Muhadiris bersama Kabid TPH dan Kasi Benih TPH,  Kabag Prokompim, Aprizal, M.Si, Wali Nagari Guguak, Zainal dan Wali Nagari Limo Koto. (Danus/Andri/PKP)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius