Wako Hendri Septa Berbagi Pengalaman Penanganan Pandemi di Padang



SUMBARNET.COM - Wali Kota Padang Hendri Septa mengungkap pengalaman dan upaya yang telah dan tengah dilakukan pihaknya dalam melakukan penanganan pandemi Covid-19 di Kota Padang.


Hal itu disampaikannya sewaktu menjadi narasumber dalam kegiatan "Sharing Session Pengendalian Pandemi Covid-19 di Sumatera Barat (Sumbar) secara daring, Kamis (19/8/2021).


Seperti diketahui, dalam acara yang digelar oleh Ombudsman RI Perwakilan Sumbar itu, diikuti para wali kota/bupati se-Sumbar dengan 5 diantaranya menjadi narasumber. 


Selain itu juga menghadirkan narasumber lainnya yakni Dr.dr. Andani Eka Putra, M.Sc (Kepala Laboratorium FK Unand), Indraza Marzuki Rais (Anggota Ombudsman RI) dan Defriman Djafri (Epidemolog dan Dekan FKM Unand). 


Kegiatan ini juga diikuti Satgas Pengendalian Covid-19 se-Sumbar, Anggota DPD RI Emma Yohana serta unsur terkait lainnya yakni dari akademisi, ahli, unsur media dan NGO.


Sementara tujuan kegiatan tersebut diantaranya adalah dalam rangka berbagi informasi, pengetahuan dan pengalaman pengendalian Covid-19 di Sumbar. Begitu juga pemetaan masalah pengendalian Covid-19 di Sumbar serta merumuskan strategi di daerah dalam pengendalian Covid-19.


Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan, sekaitan penanganan Covid-19 di Kota Padang sekaligus dampaknya secara sosial ekonomi, Pemko Padang telah melakukan berbagai strategi dan upaya.


"Penanganan Covid-19 yang kita lakukan di Padang mungkin hampir sama dengan yang dilakukan oleh daerah lainnya. Mungkin inovasinya  yang berbeda," sebutnya di kediaman resminya.


Diungkapkan Wako Hendri, dalam menangani pandemi yang hampir berlangsung dua tahun tersebut pihaknya terus melakukan upaya. Mulai dari mensosialisasikan protokol kesehatan (prokes) kepada masyaraka, melakukan 3T (tracing, testing dan treatment), hingga membuat posko penanganan Covid-19 di tingkat kota, kecamatan dan  kelurahan hingga tingkat RT/RW. 


Selanjutnya menggelar vaksinasi massal serta membuat aturan dalam pencegahan penularan Covid-19 melalui Surat Edaran (SE), Perwako dan Perda.


"Semuanya kita atur agar penyebaran Covid-19 terus kita tekan. Begitu juga dampaknya secara sosial ekonomi bagi masyarakat juga kita pikirkan. Alhamdulillah kita didukung berbagai pihak dalam hal ini. Insya Allah upaya ini sedang dan akan terus kita lakukan, mengingat 66 ribu KK lebih yang akan kita bantu," ujar orang nomor satu di Kota Padang itu didampingi Kalaksa BPBD Padang Barlius dan Kabag Prokopim Amrizal Rengganis saat itu. (AdF/David/hms)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius