Bukittinggi Masuk Nomor Dua Tertinggi Capaian Vaksinasi Covid-19 di Sumbar



SUMBARNET.COM - Plt DKK Erwin Umar menyampaikan bahwa pelaksanaan vaksinasi ke 3 dari program Dinkes, RSUD, puskesmas dan rumah sakit untuk Tenaga Kesehatan sudah mencapai lebih dari 100 persen.


“Semua nakes pada vaksinasi ke 3 sudah disuntik dengan tipe vaksin moderna, dan itu sudah kita tuntaskan,” kata PLT DKK Bukittinggi Erwin Umar, Selasa (30/08).


Untuk masyarakat umum sekarang ini juga sudah dibuka peluang bagi warga yang ingin menggunakan vaksin moderna termasuk juga sinovac.


“Kita sudah beberapa kali rapat, dan Pemerintah Kota(Pemko) Bukittinggi mendukung semua aktivitas masyarakat maupun ormas yang ingin melakukan kegiatan vaksinasi,” tambahnya.


Erwin menyebutkan, kali ini target vaksinasi untuk Bukittinggi sebanyak 95.000 dari total penduduk 127.000 orang, artinya 70 persen dari herd immunity harus tercapai.


Sampai per tanggal (30/08) untuk target vaksinasi Nakes sudah mencapai 32 persen. Untuk target keseluruhan Kota Bukittinggi dari 95.000 sudah selesai 30.823, artinya sudah mencapai 32 persen.


Dimana pencapaian ini merupakan nomor 2 tertinggi pencapaian target vaksin di Sumatera Barat(Sumbar).


Rinciannya bagi Nakes sudah capai target 103 persen, petugas publik sudah 98,77 persen, untuk lansia 6,44 persen, masyarakat umun 7,10 persen, termasuk juga tahap pertama 21 persen. Kemudian anak usia 12-17 sudah mencapai 12,93 persen.


“Dari total rekap vaksin di Kota Bukittinggi, yang untuk nakes dan petugas publik kita sudah melebihi target maupun target nasional dan yang ditargetkan di Kota Bukittinggi,” tambahnya.


Selanjutnya, sasaran vaksin berikutnya adalah anak sekolah SLTA di Kota Bukittinggi. Menurut Erwin sampai hari ini vaksin sudah dijemput Polres ke provinsi sebanyak 7000 vaksin, jadi ditarget untuk 3500 siswa yang akan dimulai Rabu besok (01/09).


Dari seluruh penduduk 127.000 orang, bulan ini akan ditargetkan mencapai target 95.135 orang. Dengan sasaran siswa SLTA dan SLTP, kemudian tenaga guru yang belum vaksin sebanyak 1500 orang mulai dari gutu TK, Paud, sampai SLTA.


“Harapan dari sasarat itu, dengan terdapatnya herd immunity di Kota Bukittinggi kita tidak akan lagi susah payah mencapai target PPKM Level 1, 2, dan seterusnya, karena masyarakat kita sudah mencapai target vaksinasi secara benar dengan keseluruhannya,” tukasnya.


Rencananya target pemerintah ini secara nasional akan diselesaikan sampai akhir tahun, tapi instansi akan melakukan intervensi secara besar-besaran mulai minggu depan. (Nia/Ayu)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius