dr. Vera Maya Sari: Jangan Takut Vaksin, Tidak Menimbulkan Kejadian Berat



SUMBARNET.COM - Animo masyarakat Kota Bukittinggi alhamdulillah cukup besar dalam program vaksinasi Covid-19. Sampai saat ini belum menerima informasi tentang kejadian yang memberatkan masyarakat atau terutama pada siswa-siswi sekolah pasca divaksin covid-19.


“Jadi sebenarnya, ketika divaksin akan muncul reaksi dari sel-sel dalam tubuh masyarakat untuk membuat perlindungan,” kata dr. Vera Maya Sari, Plt. RSUD Bukittinggi, disela-sela acara vaksinasi serentak pesantren dan rumah ibadah yang diprakarsai oleh Polres Bukittinggi, di Masjid Jamik Tigobaleh, Kota Bukittinggi, Senin, 6 September 2021.


Lanjut Vera, sebagai contoh, dari data para tenaga kesehatan (nakes) kita saja yang terpapar saat menangani pasien positif covid-19, masa pemulihannya tidak menunjukkan tingkat keberatan yang berarti. Artinya, sembuh dalam waktu yang cukup cepat, paling lama 10 hari masa pemulihan dan tanpa membawa gejala sisa, seperti flu dan batuk yang berat.


“Ini artinya, begitu besar sekali manfaat dari vaksinasi Covid-19 yang sudah menjadi program pemerintah pusat dan daerah. Jadi tidak ada yang perlu ditakutkan untuk ikut vaksinasi Covid-19 jika semua itu untuk perlindungan diri kita,” saran Vera.


Program vaksinasi serentak di Masjid Jamik Tigobaleh, Bukittinggi


Kita berharap, partisipasi masyarakat untuk ikut vaksinasi Covid-19 yang dapat menciptakan herd immunity di Kota Bukittinggi sehingga aktivitas masyarakat yang bergerak di sektor ekonomi, pendidikan, pariwisata berjalan normal.


Data Vaksinasi Covid-19 di Kota Bukittinggi


Data per hari Sabtu, 4 September 2021, Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi, tambah Vera, anak sekolah atau siswa yang berusia 12-17 tahun sudah divaksin mencapai 5390 orang atau sekitar 44,30% dari target sebanyak 12.158 orang. Data ini mencakup data anak SMP, SMA yang ada di Bukittinggi dan termasuk siswa SMA yang berdomisili diluar Kota Bukittinggi. Untuk data siswa SMA dalam Kota Bukittinggi saja yang sudah divaksin oleh tim Puskesmas dan tim RSUD Kota Bukittinggi sebanyak 3495 orang.


Untuk data masyarakat umum (dewasa) yang sudah divaksin sebanyak 14.086 orang dari target 63.000 orang. Sementara untuk mencapai target herd immunity atau +70% angka kekebalan kelompok masyarakat di Kota Bukittinggi, kita berharap mencapai angka 97.000 atau hampir 100.000 orang dapat divaksin dari jumlah total masyarakat Kota Bukittinggi yang berkisar +120.000 orang.


Selain itu, Vera menambahkan, bagi masyarakat yang sudah divaksin, atau yang sudah swab antigen atau swab PCR dapat mengakses atau download aplikasi PeduliLindungi di google play store untuk melihat data sertifikatnya. (Nia)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius