Inovasi Empowering Leadership ala Walikota Erman Safar



SUMBARNET.COM - Masyarakat Bukittinggi telah merasakan perubahan dalam tata cara pemerintahan Walikota Bukittinggi, Erman Safar sejak merotasi dan mutasi pejabatnya pada 27 Agustus yang lalu.


Salah satunya, Camat dan Lurah di tiga kecamatan kini lebih kerap hadir di tengah masyarakat, tidak lagi duduk menunggu di belakang meja.


Setiap hari, Wako Erman Safar memberi petunjuk dan komando agar Para Camat dan Lurah bergerak terjun ke lapangan untuk menemukan permasalahan warga dan bersegera memberikan solusinya.


"Inovasi ini simple. Kita manfaatkan kemudahan teknologi untuk berkomunikasi ini untuk memberi arahan, berkoordinasi, dan melaporkan progress. Tidak selalu harus rapat formal di kantor dan bicara normatif tapi ngga berasa aksinya. Sedikit Bicara, Banyak Bekerja. Itu Motto kita", jelas Wako Erman.


Sebelumnya, Paska Serah Terima Jabatan 3 Camat di Kota Bukittinggi , Wako Erman telah berpesan bahwa Kiprah para Camat dan Lurah sangat dinantikan.


Antara lain, Camat agar melakukan inovasi dalam pelayanan publik di wilayahnya masing-masing.


Kedua, Wako mengamanahkan bahwa Camat harus menyeluruh dan komprehensif dalam memberikan pengayoman tidak ada kelurahan favorit atau kelurahan prioritas.


Ketiga, Camat dan Lurah menjadi sensor pertama yang merasakan permasalahan warga sekaligus menjadi aktor utama dalam mencarikan solusinya.


Keempat, mengefektifkan komunikasi dan koordinasi dengan memanfaatkan teknologi komunikasi.


Dari amanah tersebut diinisiasilah motto jargon ANDALANGUE untuk merepresentasikan pembaharuan tugas fungsi Camat dan Lurah.


Jargon ini memiliki makna "Aman dan pengayomaN, teladan dan DApat diandaLkAN, GUru dan mentor bagi warga masyarakat, Ekonomi dan kesejahteraan warga jadi prioritas utama."


Dengan jargon ini, Wako Erman Safar ingin memimpin dengan memberdayakan. Bukan memimpin bawahan, tapi memanage orang orang hebat.


"Dengan ANDALAN GUE (Andalan Saya) Camat dan Lurah merasa dekat dengan pimpinan, merasa hebat, yakin dengan kemampuan dirinya, dan mengeluarkan inovasi dan karya terbaik dalam mengepalai wilayahnya. Hasil akhir yang kita inginkan dari strategi ini adalah warga Bukittinggi yang sejahtera lahir bathin," jelas Wako Erman. (Nia/reka)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius