Kakanwil Lakukan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah MTsN 5 Kota Padang

 


SUMBARNET.COM - Kakanwil yang didampingi oleh Kakan Kemenag Kota Padang H.Edy Oktafiandi beserta Tim melakukan Penilaian PKKM di MTsN 5 Kota Padang. Selasa (24/8).


Kakan Kemenag Kota Padang menyampaikan bahwa, penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) adalah proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya sebagai kepala madrasah. Penilaian ini dilakukan secara berkala dalam periode tahunan (setiap tahun sekali) dan empat tahunan.


Terkait dengan pelaksanaan penilaian kinerja kepala madrasah tersebut, Ditjen Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah menyusun petunjuk teknis penilaian kinerja kepala madrasah yang kemudian ditetapkan melalui SK Ditjen Pendis Nomor 1111 Tahun 2019.


Kinerja kepala madrasah, sebagaimana juknis, dinilai berdasarkan 5 komponen penilaian. Kelimanya terdiri atas empat tugas utama kepala madrasah dan ditambah dengan satu komponen tambahan. Sehingga kelimanya meliputi, usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas managerial, pengembangan kewirausahaan, supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan dan hasil kinerja kepala Madrasah.


Empat komponen penilaian tugas utama kepala madrasah dinilai setiap tahun, sedangkan penilaian komponen kelima (hasil kinerja kepala madrasah) dinilai perempat tahun sekali.


"Penilaian ini merupakan sistem formal yang digunakan untuk menilai kinerja secara periodik, dan hasilnya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dalam rangka pengembangan, pemberian reward, perencanaan, pemberian konpensasi dan motivasi," ungkapnya.


Selanjutnya Kakanwil yang diwakili oleh Firdaus anggota tim penilai dalam sambutannya menyampaikan "Mengapresiasi atas kelengkapan berkas yang sudah disiapkan oleh Madrasah, begitu banyak berkas yang sudah disajikan dan semoga semua ini dapat mewakili dan sesuai dengan instrument PKKM semoga Kepala Madrasah memperoleh nilai yang bagus nantinya aamiin," ucapnya.


Seterusnya acara ini dilanjutkan dengan persentasi oleh Kepala Madrasah Lilis Andriani. Lilis menjelaskan profil serta prestasi yang telah diraih oleh MTsN 5 Kota Padang.  Lilis juga mengucapakan selamat datang serta memohon berbagai arahan dari tim Penilai.


"Kami mohon pengarahan dan juga bimbingan dari Bapak dan Ibu Tim PKKM, sehingga kedepannya saya pribadi dan MTsN 5 Kota Padang lebih baik lagi" pungkasnya.


Terakhir Lilis menyampaikan dengan penuh semangat "MTsN 5 Kota Padang akan selalu berusaha lebih baik lagi, baik dalam administrasi maupun bidang lainnya. Termasuk pelayanan terhadap peserta didik. Yang mana mereka wajib mendapatkan transfer ilmu dari para pendidik di MTsN 5 Kota Padang," (Dori/ST/SM)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius