KT Bengkalis Kunker ke Padang, Ini Kata Yaldi Chaniago..,!



SUMBARNET.COM - Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Hj. Martini dan Ketua Karang Taruna Kabupaten Bengkalis Hermansyah beserta Pengurus Karang Taruna (PKT) Kabupaten Bengkalis melakukan kunjungan ke Karang Taruna Kota Padang dalam rangka untuk peningkatan Sumber daya manusia (SDM) Karang Taruna Kabupaten Bengkalis dan untuk menambah wawasan dalam Usaha Ekonomi Produktif (UEP).


Kunjungan Karang Taruna Kabupaten Bengkalis ini untuk melihat pengelolaan wirausaha yang dilakukan oleh Karang Taruna Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. Selain itu juga bertujuan untuk bersinergi dan menumbuhkan energi positif antar pemuda dalam berperan di tengah masyarakat.


Kunjungan pada Kamis (7/9) kemarin disambut langsung oleh Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Padang diwakili oleh Kepala Bidang (Kabid) Dinsos Drs. Rustim, Ketua Karang Taruna Kota Padang Yaldi Chaniago, Ketua UEP Kota Padang Hendratmo dan Sekretaris UEP Kota Padang Feri Yanto Irawan.


Salah satu kunjungan Karang Taruna Kabupaten Bengkalis melihat langsung budidaya ikan nila yang berlokasi di Tarantang, Kecamatan Lubuk Kilangan. Budidaya ikan nila ini merupakan hasil Usaha Ekonomi Produktif (UEP) Karta Jaya hasil binaan Karang Taruna Kota Padang yang pernah mendapatkan penghargaan dari Pengurus Nasional Karang Taruna (PNKT).


UEP Kerta Jaya ini didukung Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Kelautan dan Perikanan beserta Dinas Sosial dan pihak terkait lainnya.


Ketua Karang Taruna Kota Padang, Yaldi Chaniago mengatakan, ia bersama pengurus UEP Karta Jaya bersyukur karena budidaya ikan nila yang selama ini dikelola berhasil.


Yaldi menceritakan, untuk budidaya ikan nila tersebut diawali dari menerima bibit awal sebanyak 20.000 dengan masa panennya lebih kurang selama lima bulan.


“Sementara proses pendanaan dari UEP ini berasal dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Padang dalam pemberian bantuan bibit. Untuk pakannya swadaya atau iuran dari anggota dan juga bantuan dari hibah Karang Taruna.


Dan hasilnya di samping untuk kemajuan UEP Karta Jaya juga untuk kebutuhan lainnya. Apalagi sekarang dalam masa pandemi COVID-19, tentu kebutuhan pangan menjadi utama seperti ikan nila ini,” papar Yaldi.


Terkait usaha budidaya ikan nila tersebut, Ketua UEP Karta Jaya Hendratmo menyebut, hasil panen ikan nila ini akan dimanfaatkan untuk mengembangkan UEP Karta Jaya ke depannya.


“Sesuai arahan Karang Taruna Kota Padang, hasilnya akan dikembangkan untuk kemajuan UEP Karta Jaya. Ke depan dan hasilnya juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan sosial kemasyarakatan nantinya,” ungkapnya.


Hendratmo menambahkan, adapun UEP Karta Jaya ini didirikan bertujuan untuk merangsang agar generasi muda khususnya melalui wadah Karang Taruna, agar mau berwirausaha.


“Karang taruna bukan hanya organisasi sosial kepemudaan saja, Karang Taruna juga wadah pembinaan dan pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomi produktif dengan pendayagunaan semua potensi, baik SDM maupun SDA yang telah ada,” katanya didampingi Sekretaris UEP Karta Jaya Feri Yanto Irawan.


Pada kesempatan itu Martini

menyampaikan dukungan serta memotivasi karang taruna untuk terus bergerak melakukan kegiatan positif dan bermanfaat bagi pemuda juga masyarakat sekitar. “Karang Taruna Kota Padang ini adalah salah satu Karang Taruna yang maju dan berhasil mengajak masyarakat sekitar serta generasi muda untuk lebih produktif. Salah satu caranya melalui pertanian, perikanan, peternakan, dan perkebunan,” kata Martini.


“Saya takjub dengan kreatifitas Karang Taruna Kota Padang. Saya berharap agar yang sudah dibuat oleh Karang Taruna Kota Padang bisa menjadi inspirasi Karang Taruna Kabupaten Bengkalis kedepannya.” Ujar Martini.


Dalam dialog dengan pengurus Karang Karang Taruna Kota Padang Martini juga memberikan beberapa pesan diantaranya adalah ide budidaya ikan nila dan lele adalah ide yang bagus untuk menjadi contoh untuk Karang Taruna Kabupaten Bengkalis.


Disamping itu Hermansyah selaku Ketua Karang Taruna Kabupaten Bengkalis mengatakan pemuda harus produktif, kreatif dan berkarya. “Bahwa kita sebagai pemuda harus bisa menciptakan energi positif yang bermanfaat di tengah masyarakat dan membangun jaringan pertemanan sebesar – besarnya untuk mendapatkan feedback positif di masa yang akan datang,” ujarnya.


Hermansyah menegaskan, meskipun pandemi namun para pemuda melalui Karang Taruna tetap harus produktif. Namun ia mengingatkan untuk tetap menjaga secara preventif terkait protokol kesehatan dengan kesadaran tinggi agar bisa melakukan pencegahan penularan Covid-19. (AdF/rb)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius