Parenting Kelas IX/3 SMPN 21 Padang, Ad Firma: Mendidik Karakter Bertanggung Jawab



SUMBARNET.COM - Mendidik anak merupakan kewajiban orang tua, guru dan masyarakat. Ketiga pilar itu harus bersinergi karena apa yang dibelajarkan di sekolah maka itu pula yang dibelajarkan di rumah dan di masyarakat.


Hal ini disampaikan oleh Ad Firma ketua Parenting kelas IX/3 SMPN 21 Padang, pada Sabtu (16/10).


"Diperlukan visi dan misi yang sama bagaimana mewujudkan anak-anak yang memiliki karakter baik, tangguh dan bertanggung jawab,” kata Ad Firma.


Ad Firma menjelaskan parenting merupakan upaya pendidikan yang dilaksanakan oleh keluarga dengan memanfaatkan sumber-sumber yang tersedia dalam keluarga dan lingkungannya dalam hal ini adalah sekolah, bentuk kegiatannya berupa belajar secara madiri.


"Interaksi berkelanjutan antara orang tua dan anak atau lebih dikenal dengan istilah pengasuhan. ESQ (Emotional Spiritual Quotient) parenting adalah pelatihan parenting yang mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai spiritual dan kecerdasan emosional kepada keluarga," jelas Ad Firma.


Secara umum tujuan parenting adalah mengajak para orang tua untuk bersama-sama memberikan yang terbaik untuk anak.


Sedangkan secara khusus tujuan pengembangan program parenting adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua dalam melaksanakan perawatan, pengasuhan dan pendidikan anak di dalam keluarga sendiri dengan landasan dasar-dasar karakter yang baik.


"Dekadensi moral yang terjadi akhir-akhir ini sebagai bagian dari dampak negatif kemajuan teknologi informasi di era revolusi industri 4.0 mewajibkan orang tua untuk membekali diri dengan keterampilan mendidik anak zaman now dalam melakukan pola asuh agar terbentuk anak yang memiliki karakter baik," ujar Ad Firma. (**)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius