7 Senpi Milik Anggota Polres Jombang Ditarik Karna Tak Penuhi Syarat



SUMBARNET.COM - Sebanyak tujuh senpi (senjata api) jenis revolver milik anggota Polres Jombang ditarik. Hal ini karena pemegang tidak memenuhi persyaratan. Di antaranya, pemegang tidak lolos tes psikologi dan kartu izin pemegang sudah mati.


Dilansir dari beritajatim.com penarikan senpi tersebut dilakukan setelah Polres Jombang melakukan pemeriksaan secara mendadak usai apel pagi, Senin (1/11/2021). Pemeriksaaan dipimpin oleh Kasi Propam Polres Jombang, Ipda Susilo didampingi Kasi Humas dan personil Logistik.


Dalam pemeriksaan tersebut, seluruh senpi yang dipegang anggota dikumpulkan. Selanjutnya, petugas memeriksa satu per satu pistol jenis revolver tersebut. Jumlahnya mencapai 107 pucuk senpi. “Berdasarkan hasil pemeriksaan, dari 107 personel yang dipinjampakaikan senjata api, ditemukan tujuh personel yang senpinya tidak memenuhi syarat,” kata Kasi Propam Ipda Susilo.


Tujuh senpi yang ditarik tersebut bukan tanpa sebab. Alasannya, lima personel pemegang senpi tidak lulus uji psikologi. Sementara dua sisanya, kartu izin pemegang senpi sudah mati. Selanjutnya, tujuh senpi itu digudangkan.


Susilo menjelaskan, pemeriksaan pemegang senpi itu terdiri anggota Polres Jombang dan Polsek jajaran. Pemeriksaan dilakukan secara berkala setiap dua bulan sekali. Tujuannya, untuk mengontrol pemegang senpi sekaligus mengantisipasi terjadinya penyalahgunaan. Seperti yang dilakukan oknum polisi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, pekan lalu.


“Dengan pemeriksaan secara berkala ini, anggota diharapkan semakin disiplin dalam menggunakan senjata, sehingga ke depannya tidak ada lagi oknum polisi yang melakukan penyalahgunaan senjata,” pungkasnya. (AdF/suf/kun)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius