Baznas RI Akan Jadikan Kabupaten Sijunjung Sebagai Klaster Jagung



SUMBARNET.COM - Kabupaten Sijunjung akan dijadikan oleh Baznar RI sebagai Klaster Jagung. Hal ini disampaikan Saidah Zakwan selaku Bidang Pendistribusian BAZNAS RI saat pertemuan dengan Ketua BAZNAS Sijunjung, H.Hidayatullah, Lc. MA bersama Bupati Benny Dwifa Yuswir, S.STP serta didampingi Kepala DPMN, Khamsiardi, SSTP.M.Si dan Kepala Pelaksana/Sekretaris  Baznas Sijunjung, Meri Muliadi, S.Pd di Kantor BAZNAS RI Jl. Matraman Jakarta Timur, Kamis 25 November 2021.


Pertemuan tersebut dibuka langsung Ketua Baznas RI, Prof. Dr. Noor Achmad MA dan dihadiri oleh Saidah Zakwan (Bidang Pendistribusian), Nurchamdani (Bidang Keuangan), dan Eka Budi (Bagian Program Zcd).


Saidah Zakwan selaku Bidang Pendistribusian BAZNAS RI, saat pertemuan tersebut menegaskan ulang keinginan pimpinan BAZNAS RI menjadikan sijunjung klaster jagung program BAZNAS RI. 


"Karena BAZNAS  juga punya program ZChiken dan peternakan ayam. Tentu membutuhkan support pakan, Sijunjung kita harapakan jadi salah satu klaster jagung untuk menopang itu. sehingga dari hulu ke hilir kita kuasai,"ujarnya.


Lebih lanjut dijelaskan Saidah, sebelumnya Ketua Baznas Sijunjung memang sudah menemuinya saat kunjungan kerja di Batu Sangkar beberapa waktu yang lalu. Disana tercetus ide dan tawaran agar program BAZNAS RI di lakasanakan di Sijunjung, salah satunya adalah program penananam jagung pakan.


Pada kesempatan itu, Saidah juga menyampaikan bahwa Baznas RI akan segera mengirimkan tim ke sijunjung, agar proses segera dimulai dan segera terealisasi. "Tahap awal akan di mulai 100 hektare dulu. targetnya minimal 500 hektare,"ujar Saidah.


Ketua BAZNAS Sijunjung H.Hidayatullah,Lc.MA. dalam kesempatan ini menyampaikan harapannya agar program ini terlaksana bahkan ditambah, karena banyak lahan masyarakat yang siap dan tersedia untuk itu. Demikian juga prgram program lainnya. Termasuk peternakan, karena di Sjunjung ada pasar ternak regional, tentu program balai ternak juga bisa digulirkan dan cocok di sijunjung.


"Kami ingin lihatkan keseriusan kami, maka kami datang langsung kesini dengan Bapak Bupati",ujar Hidayatullah.


Terkait proposal bantuan biaya kuliah untuk mahasiswa STIPER dan STIT yang telah di ajukan  BAZNAS Sijunjung beberapa waktu lalu, dan sudah dilakukan verifikasi oleh Baznas RI, Ketua Baznas, Hidayatullah juga sangat berharap ini terealisasi segera dan dapat meringankan serta membantu kelangsungan pendidikan mahasiwa Sijunjung di 2 Perguruan Tinggi di Sijunjung tersebut.


Bupati Sijunjung, Benny Dwifa dikesempatan itu menyambut baik dan menyatakan kesanggupannya dan support segala apa yang dibutuhkan agar program ini terlaksana. karena program ini sejalan dengan visi misi beliau sebagai bupati yaitu menumbuhkan sektor pertanian. 


Bupati Benny juga berharap agar program program lain juga di berikan ke Sijunjung untuk membantu masyarakat miskin. 

Apalagi sekarang, karena covid ini banyak masyarakat  yang jatuh miskin, ekonomi sulit. " Kami sangat apresiasi dengan program BAZNAS tersebut, disaat keterbatasan anggaran sementara banyak yang membutuhkan,"ujar Benny.


"Buya sampaikan ke saya, " tenang Pak Bupati, masa sulit insya allah ada solusi, kita jemput program Baznas RI, asal kita mau Insya Allah ada jalan,.Demikian kata buya ke saya ketika kita bincang bincang soal bagaimana kita bantu masyarakat dimasa sulit anggaran terbatas ini,"certita Bupati Benny dihadapan Pimpinan Baznas RI


Pertemuan tersebut di tutup dengan penyerahan proposal penanaman jagung di Sijunjung oleh Bupati kepada Ketua Baznas RI serta penyerahan proposal kantor BAZNAS oleh ketua BAZNAS  Sijunjung kepada Wakil Ketua bidang keuangan. (Danus/Andri)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius