Bupati Benny Dwifa Yuswir Hadiri Berkaul Adat di Jorong Bungo Nagari Palaluar



SUMBARNET.COM - Bupati Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si mengahadiri berkaul adat turun ke sawah di pokan akok pondok perkaulan Jorong Bungo Nagari Palaluar Kecamatan Koto VII, pada hari Minggu (28/11).


Turut hadir Anggota DPRD, Redi Susilo, Zalmiati, Ketua LKAAM, H. Epi Radisman Dt Paduko Alam, SH, Kepala Dinas Pertanian, Ir. Ronaldi, Kepala Kantor Kesbangpol dan Linmas, David Rinaldo, S.STP, Camat Koto VII, Elko Febri Marola, S. STP, Ketua KAN, Ninik Mamak, dan Bundo Kandung, serta Para Pemuda.


Sebelumnya, Bupati Benny Dwifa melihat kreasi menghiasi lemang dengan berbagai hiasan unik dan menarik, di ikuti setiap suku yang ada di Palaluar.


Dalam Arahan Bupati Benny Dwifa mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Nagari Palaluar yang berkenan mengundang dalam acara berkaul adat sebelum turun ke sawah.


Berkaul adat di merupakan ke kekayaan budaya masyarakat Kabupaten Sijunjung, yang kiranya perlu di lestarikan. Terang Bupati Benny Dwifa.


Ratusan masyarakat hadir bakaua adat yang merupakan  wujud syukur atas hasil panen yang diperoleh, sekaligus berdoa dan bermohon kepada Allah SWT dengan harapan sawah yang digarap selalu memberi rezki. Jelas Bupati Benny 


Dalam kesempatan itu Bupati Benny juga menyampaikan pertanian merupakan sektor strategis penunjang ekonomi masyarakat, karena hampir 80% hidup di sektor pertanian dari jumlah 236.000 jiwa, ungkap Bupati Benny Dwifa.


Sektor Pertanian memberikan kontribusi tertinggi pada Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), yaitu 30% dari 11 sektor usaha yang ada, dan sektor pertanian mampu bertahan di masa pandemi covid 19, jelas Bupati Benny Dwifa.


Melalui berbagai terobosan program terus berupaya membangun kekuatan Sumber Daya Manusia (SDM) Petani untuk mewujudkan percepatan penumbuhan dan penguatan petani melalui pelatihan tepat guna dibidang pertanian menjadi suatu keharusan dan prioritas kita kedepan, ungkap Bupati Benny Dwifa.


Wali Nagari Palaluar, Ebid Diana Putra menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bapak Bupati Benny Dwifa beserta rombongan yang telah menghadiri undangan Berkaul adat turun kesawah.


Melalui berkaul adat agar dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan antar sesama serta semangat gotong royong yang merupakan sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT. Terang Wali Nagari Palaluar Ebid.


Alhamdulilah perekonomian masyarakat secara perlahan sudah mulai bangkit dan tumbuh, yang di pengaruhi oleh sektor pertanian yaitu di bidang perkebunan dan peternakan dan itu juga sesuai dengan prioritas program Kabupaten Sijunjung.


Masyarakat Palaluar sudah mampu memproduksi konsentrat pakan ternak, guna menambah pendapatan, ungkap Wali Nagari Palaluar Ebid.


Dalam akhir sambutan Wali Nagari Palaluar Ebid menyampaikan untuk menjaga serta melestarikan budaya yang ada, terutama berkaul adat turun kesawah. (Danus/pkp)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius