Pemda Sijunjung Adakan Rakor Pelayanan Publik ke-3



SUMBARNET.COM - Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung melalui Bagian Organisasi Lingkup Setdakab mengadakan rapat koordinasi pelayanan publik ke-III dalam upaya meningkatkan dan evaluasi kualitas pelayanan publik serta penyerahan hadiah dan piagam penghargaan Kompetisi Pelayanan Publik (KPP) dan Inovasi Pelayanan Publik (IPP).


Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir sekaligus menyerahkan hadiah dan penghargaan KPP dan IPP didampingi Wakil Bupati Iraddatilah dan Sekretaris Daerah Kabupaten Sijunjung di Aula Dinas PUPR setempat, Rabu (3/11).


Dalam arahan Bupati Sijunjung, Benny Dwifa mengatakan didalam misi pertama itu pada RPJMD tahun 2021-2026 sudah jelas meningkatkan kualitas pelayanan publik yang efektif, efisien dan responsif berbasis reformasi birokrasi.


“Sebab itu, mari kita tingkatkan pelayanan publik menjadi agenda utama pemerintah daerah untuk kedepan,” tegasnya.


Sebab, jelas Bupati, keinginan masyarakat untuk menikmati pelayanan publik yang efisien, responsive dan akuntabel belum sepenuhnya dapat kita wujudkan.


“Untuk melihat perkembangan pelayanan publik, Pemkab telah melakukan penilaian kompetisi pelayanan prima dan inovasi pelayanan publik untuk pertama kalinya ditahun 2021,” ungkap Benny.


Ia berharap kedepannya semua pelayanan publik harus memiliki tingkat kepatuhan yang tinggi, dengan artian tidak ada Unit Kerja Pelayanan Publik yang nilainya kuning, diharapkan hijau semua. Sehingga mampu mencapai indek pelayanan publik 4-5 ditahun 2023 sesuai dengan terget capaian yang ada pada RPJMD.


Sementara, laporan Kepala Bagian Organisasi, Wandri Fahrizal menyampaikan tujuan kegiatan itu merupakan memberikan pembinaan dan penilaian terhadap UKPP sehingga terjadi percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Sijunjung.


“Sesuai dengan misi kepala daerah kita harus membenahi pelayanan publik karena dinilai oleh Ombudmans RI tingkat kepatuhan komitmen pelayanan publik ini,” ujarnya.


Karena masih banyak kekurangan sebut Wandri, Sijunjung baru pertama kali melakukan Kompetensi Pelayanan Publik dan Inivasi Pelayanan Publik pada kepemimpinan Bupati Benny dan Wabup Iraddatilah.


“Kita telah membentuk Tim penilai dari Pemkab Sijunjung, tim internal terdiri dari Asisten III, Bagian Organisasi, Kominfo dan Bapppeda yang telah fokus dalam pembinaan terhadap kepatuhan pemenuhan standar dan sarana pelayanan publik,” ungkapnya.


Sedangkan, penilaian eksternal dilakukan oleh tim independen terhadap lima indikator secara micro seperti, Inovasi dari Kepemimpinan, Sumber Daya Manusia, Kepuasan Masyarakat, Sarana Prasarana dan Standar Pelayanan.


Adapun UKPP yang mengikuti kompetisi itu sebanyak 76 Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP) terdiri dari OPD 25, Kecamatan 8, Puskesmas 13 dan UPTD 29.


lebih lanjut dikatakan Wandri, keputusan Bupati tentang pemenang lomba penilaian KPP dan IPP tingkat Kabupaten Sijunjung sebagai berikut, enam besar terbaik yakni Puskesmas Tanjung Gadang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Puskesmas Muaro Bodi, Dinas PMPTSP, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dan Puskesmas Lubuk Tarok.


“Kemudian kategori Standar Pelayanan Publik terbaik satu Dinas Kominfo, Kecamatan Lubuk Tarok dan RSUD Sijunjung. Kategori Sumber Daya Manusia terbaik satu BKAD, Dinas Parpora dan Inspektorat Daerah. Kategori Sarana Prasarana terbaik satu Dinas Naker dan Transmigrasi, Kecamatan Sumpur Kudus dan UPTD Metrologi Legal. Kategori Inovasi dan Kepemimpinan terbaik satu BKPSDM, Puskesmas Padang Laweh dan Puskesmas Gambok. Kategori Kepuasan Masyarakat terbaik satu UPTD Metrologi Legal, UPTD Puskeswan Kiliran Jao dan UPTD Puskeswan Palangki,” urainya.


Tak hanya itu, sesuai surat Bupati Sijunjung juga mengeluarkan 6 UKPP nilai terendah Tahun 2021, yakni UPTD Balai Latihan Kerja, UPTD BPP Wilayah Koto VII, UPTD Gudang Formasi, UPTD Laboratorium Pengendalian Hama Terpadu, UPTD Balai Benih Pangan dan Holtikultura serta UPTD Pasar Ternak.


Selain itu, Inovator dan Admin Lokal menerima penghargaan Top 99 kompetisi IPP Kementerian PAN&RB tahun 2021 atas inovasi parade lansia, Inovator yaitu Drg. Deby Puri Perta, Edrawati, S.St, Riri Awalia, S.Gg, Lusi Andam Dewi, A.Md Keb dan Rafni. Kemudian, Admin Lokal yaitu dr Edwin Suprayogi, Wandri Fahrizal, SH, Rahmawati, SE daan Budhi Afrizaldi, S.S M.Ikom serta Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir juga menerima penghargaan sebagai inovator Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung. (Danus)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius