Irwan Basir Berikan Bibit Kelapa Genjah Pandan Wangi Thailand Kepada Poktan di Kuranji



SUMBARNET.COM - Ketua DPD LPM Kota Padang  Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH MM memberikan bibit Kelapa Genjah Pandan Wangi Thailand kepada kelompok tani Di Kecamatan Kuranji Kota Padang.


Dalam rangka untuk memanfaatkan lahan tidur yang tidak produktif untuk digarap sebagai areal pertanian alangkah baiknya ditanami dengan tumbuhan kelapa yang nantinya dapat bermanfaat untuk dmembantu perekonomian masyarakat daripada dibiarkan tanpa dimanfaatkan.


" Kita tahu disekeliling kita ada lahan yang bisa kita manfaatkan. Tapi kita biarkan terlantar. Untuk itu mari kita manfaatkan dengan tanaman yang nanti bisa bermanfaat. Misalnya pohon kelapa." ucap Irwan Basir pada acara penyerahan bibit kelapa Genjah Pandan Wangi kepada beberapa kelompok tani di Kecamatan Kuranji Kota Padang pada Kamis 02/12/2021 di Belimbing Kecamatan Kuranji.


Lebih lanjut Ketua DPD LPM Kota Padang ini menjelaskan kalau Kecamatan Kuranji dari dulunya terkenal sebagai daerah pertanian. Namun , sekarang banyak lahan produktif beralih fungsi menjadi daerah perumahan. Sehingga lahan pertanian semakin berkurang.


 Irwan Basir berharap kedepannya tidak ada lagi tanah atau lahan produktif untuk pertanian dijadikan areal perumahan. Dan ini perlu kerjasama semua pihak, baik itu masyarakat atau ninik mamak selaku pemilik tanah untuk tidak gampang menjual tanah pusako-nya kepada pengembang. Pemerintah pun harus memperketat izin untuk pengembang yang melarang lahan pertanian untuk dijadikan areal perumahan. 


" Kalau tidak ingin lahan produktif pertanian di Kuranji ini habis dan berkurang maka hentikan menjual tanah kepada para pengembang untuk dijadikan areal perumahan." tegas Irwan Basir lagi.


Bibit Kelapa Pandan Wangi Thailand yang diserahkan kepada kelompok tani ini adalah pokok-pokok pikiran (pokir) Anggota DPRD Kota Padang Fraksi Gerindra Muzni Zen, SH.


Muzni Zen dalam kesempatan itu juga mengatakan kalau bibit  kelapa pandan wangi ini  ditanam dapat berbuah nantinya selama 2 setengah tahun. Jadi sangat membantu masyarakat yang punya lahan kosong dan tidak dimanfaatkan untuk menanam kelapa ini karena waktu berbuahnya tidak terlalu lama dan dapat membantu masyarakat dari kesulitan ekonomi akibat pandemi covid -19  ini.


Hadir dalam kegiatan ini Kadis pertanian Kota Padang, Sekretaris MUI Kota Padang Mulyadi Muslim, Lurah Kuranji Kasma Efendi, Penyuluh pertanian, ketua-ketua kelompok tani, dan tokoh masyarakat lainnya. (AdF)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius