Tingkatkan Ekonomi Kerakyatan, Pemkab Sijunjung Bentuk dan Kembangkan BUMNag



SUMBARNET.COM - Sebagai salah satu upaya Pemerintah daerah kabupaten Sijunjung dalam rangka meningkatkan pemberdayaan ekonomi kerakyatan khususnya bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerah adalah salah satunya dengan membentuk dan mengembangkan Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag). 


Hal tersebut diungkapkan Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir saat membuka workshop pengelolaan Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) se-Kecamatan Kupitan di rangkayo basa hotel Padang, pada Kamis 9 Desember 2021.


"Kegiatan workshop menelan anggaran yang cukup besar dan biaya yang tidak sedikit, maka diharapkan setelah kegiatan ini dilaksanakan hendaknya ada kemajuan untuk BUMNag se-Kecamatan Kupitan", harapnya.


Bupati Benny mengatakan workshop pengelolaan BUMNag ini merupakan kegiatan mencari peluang dan potensi yang ada di daerah masing-masing, jangan semua dikerjakan karena tidak akan maksimal hasilnya, oleh karena itu agar BUMNag dapat menginventarisir potensi yang ada, jelasnya.


Dalam sebuah kegiatan satu unit tidak sanggup mengakomodir, agar dapat kerja sama dengan beberpa BUMNag yang lain untuk memunculkan potensi unggulan, terangnya.


Jika ingin suatu BUMNag menjadi potensi dan andalan cukup di Kecamatan saja, "Pemerintah Daerah akan hadir untuk mem back up full apa yang menjadi ke unggulan BUMNag itu", kalau perlu di lahirkan program kegiatan, tambahnya.


Lebih lanjut Bupati dari kalangan Milenial ini menyampaikan bahwa Ruang terbuka hijau (RTH) di Logas muaro, setiap malam minggu dan minggu malam banyak pengunjung bahkan sampai ribuan untuk menyaksikan air mancur menari, tapi tidak ada yang mereka bawa pulang sebagai buah tangan, padahal momentum seperti ini bagi BUMNag sangat strategis untuk hadir menjajakan hasil dari BUMNag tersebut dalam bentuk unit usaha, jelasnya.


Pemerintah Daerah kabupaten Sijunjung juga sudah menyiapkan tempat jajanan serba ada (pujasera). Insya Allah bulan januari 2022 akan di lounching, kalau ada salah satu BUMNag ikut serta untuk mengelolanya silahkan saja, tutupnya.


Ketua kerjasama antar Nagari (BKAN) Kupitan Alfandri, S.Pt dalam laporannya menyampaikan tujuan dilaksanakan workshop untuk meningkatkan kapasitas pengurus BUMNag yang nantinya diharapkan dapat berguna untuk pengembangan unit-unit usaha BUMNag.


Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 9 sampai dengan 11 Desember 2021 di rangkayo basa hotel padang, terangnya.


Kegiatan workshop ini lanjut Alfandri di ikuti sebanyak 26 orang, yang terdiri dari Wali Nagari se-Kecamatan Kupitan, Ketua BPN se-Kecamatan Kupitan, Pengurus BUMNag 3 orang per Nagari se-Kecamatan Kupitan, pengawas BUMNag/ BUMDes se-Kecamatan Kupitan, dan 2 orang dari Kecamatan sekaligus sebagai pendamping. (Ovie)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius