Acara Malamang Sakampuang Dihadiri Zulhardi Z Latif di Banda Lurus



SUMBARNET.COM - Anggota DPRD Kota Padang Zulhardi Z Latif,SH.MM menghadiri kegiatan malamang sakampung di Simpang Tigo Banda Lurus Kelurahan Air Pacah Kecamatan Koto Tangah. Minggu (23/1) pagi.


Dalam kegiatan ini Zulhardi sangat mengapresiasi sekali masyarakat Simpang Tigo Banda Lurus Kelurahan Air Pacah Kecamatan Koto Tangah serta tokoh masyarakat Mukhlis yang juga Anggota DPRD Kota Padang yang setiap tahun melaksanakan kegiatan malamang sakampung ini. 


"Alhamdulillah berkat bantuan dari Mukhlis melalui pokok-pokok pikirannya, bisa mengangkat acara tahunan ini. Tentunya ini adalah salah satu aset bagi warga di Simpang Tiga Banda Lurus yang sudah memilih beliau untuk duduk jadi Anggota DPRD Kota Padang. Sehingga warga tidak kesulitan lagi dalam mencari dana guna melaksanakan kegiatan ini," katanya.


Selain itu Zulhardi juga menyampaikan bahwa malamang Ini adalah tradisi Minangkabau khususnya di Kota Padang yang harus kita lestarikan. Yang mana di hari baik bulan baik setiap ada kegiatan-kegiatan agama Islam. Selalu diadakan kegiatan malamang oleh masyarakat kita di Kota Padang.


Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan malamang. Pada saat sekarang ini sudah mulai hilang. Dan tradisi ini, masyarakat di banda lurus masih melestarikan malamang sakampung ini. 


Tentunya harapan kita kedepannya kepada masyarakat  Kota Padang. Agar bisa meniru kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat Banda Lurus.


"Harapan kita, kegiatan ini bisa di contoh oleh masyarakat kita di Kota Padang. Agar tradisi malamang ini bisa di lestarikan supaya nanti tidak hilang dimakan zaman. Jadi kalau kegiatan ini tidak di laksanakan lagi. Secara otomatis, nanti kita takutkan generasi muda-generasi muda sudah tidak bisa lagi untuk malamang ini,"harapannya.


Selanjutnya Zulhardi juga mengharapkan agar kegiatan malamang ini, bisa menjadi program Pemerintah Kota Padang. Khususnya di bidang Kebudayaan.


"Sekarang baru di banda lurus mungkin kegiatan ini juga akan dilaksanakan di kelurahan-kelurahan lain di Kota Padang, setiap tahunnya," pungkasnya.


Zulhardi juga menyampaikan kepada warga Kota Padang, bagi masyarakat yang mau melaksanakan kegiatan malamang ini. Nanti bisa dianggarkan melalui pokok-pokok pikiran Anggota DPRD Kota Padang.


"Kalau ada masyarakat yang mau melaksanakan kegiatan malamang ini, asalkan ada kemauan dari masyarakat di Kota Padang khususnya di daerah pemilihan Kuranji-Pauh, nanti bisa dianggarkan melalui pokok-pokok pikiran saya Anggota DPRD Kota Padang," ungkapnya.


Tampak hadir dalam kegiatan ini, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, Ketua PKK Provinsi Sumatera Barat Hj Ketua TP PKK Harneli Mahyeldi, Anggota DPRD Kota Padang yang juga tokoh masyarakat banda lurus Mukhlis SE, Camat Koto Tangah Junie Nursyamza, Lurah Air Pacah Zulfadli, Tokoh Masyarakat Khalil Caniago. (AdF/Dori)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius