Bupati Benny Dwifa Yuswir Hadiri Penobatan Soko di Tigo Korong



SUMBARNET.COM - Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir hadir dalam acara Penobatan soko di Tigo Korong dan Tigo Suku di rumah Gadang Datuak Pangulu Nan Sati, Jorong Pantai Cermin Nagari Palangki Kecamatan IV Nagari pada Minggu (23/1).


Dalam sambutannya Bupati Benny menyampaikan ucapan terimakasih atas undangan menghadiri acara Penobatan Soko di Tigo Korong dan Tigo Suku.


Dikatakan Bupati Benny pengukuhan Ninik Mamak di Nagari Palangki membuktikan Kabupaten Sijunjung itu benar kaya dengan Adat Istiadatnya.


“Pemerintah Kabupaten Sijunjung mencoba menggali kegiatan yang wajib kita lestarikan salah satunya adalah Penobatan Soko. Harapannya agar kegiatan ini dapat kita jaga bersama sama hingga akan berkelanjutan untuk masa akan datang,” ujar Bupati.


Dijelaskan Bupati, dengan dikukuhkan menjadi Ninik Mamak dan gelar yang telah diberikan merupakan sebuah bentuk kepercayaan di kaum dan dihormati serta mampu memberikan teladan dan bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi kaum tersebut.


Ninik Mamak juga diharapkan untuk berkolaborasi dengan jajaran pemerintah untuk bersama membangun masyarakat Kabupaten Sijunjung menjadi Masyarakat yang madani.


Lebih lanjut Bupati Benny berharap agar melindungi anak kamanakan dari budaya-budaya luar yang masuk ke daerah kita, termasuk yang menjauhkan mereka dari adat dan budaya serta Agama.


Wali Nagari Palangki Jasman H. Sy dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Bupati Benny yang telah hadir dalam acara Penobatan Soko di rumah Gadang Datuak Pangulu Nan Sati.


Dengan penobatan soko ini maka yang belum dibangun agar dibangun. Karena semakin banyak pemangku adat maka akan lebih mudah untuk membimbing anak kamanakan, jelas Wali Nagari Jasman


Di bagian lain Jasman mengatakan dengan telah dilantiknya Ninik Mamak supaya dapat melaksanakan tugas dan fungsi serta perannya masing-masing.


“Kenakalan remaja kita yang terjadi saat ini membutuhkan peran Ninik Mamak agar dapat membimbing anak, cucuang dan kamanakannya,” ujar Jasman.


Jasman juga menyebutkan bahwa dengan 56 Ninik Mamak yang ada di Nagari Palangki tentu 56 pula rumah gadangnya. Tapi ada juga yang perlu di renovasi.


“Kepada anggota DPRD khususnya yang dari Nagari Palangki dan para perantau kiranya diharapkan uluran tangannya untuk membantu pembangunan rumah gadang yang ada di Palangki,” tambahnya


Pelaksanaan penobatan soko itu dilakukan oleh Urangtuo Nan Bapusoko A. Dt. Mogek Kenamaan.


Nama nama pemangku adat yang dinobatkan di tigo Korong dan Tigo Suku adalah antara lain :


1. Alkindi gelar Baginda Ali jabatan Monti Suku Kalumpang

2. Ahmad Purnama Putra gelar Monti Panghulu jabatan Monti Suku Gontiang

3. Karlos gelar Rajo Bukik jabatan Dubalang Suku Kalumpang

4. Joni Azwir gelar Rajo Malenggang jabatan Dubalang Suku Piliang

5. Yondes Eka Putra gelar Dt. Bagindo Marajo jabatan Urang Tuo Suku Gontiang

6. Afriandi Ade gelar Dt. Bandaro Hitam jabatan Urang Tuo Tapian Nan Baradat.


Tampak hadir dalam acara tersebut Anggota DPRD Kabupaten Sijunjung, Kepala Perangkat Daerah, Ibu Camat IV Nagari, Unsur Forkopincam, Wali Nagari, Ketua KAN, Ninik Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang, Tokoh Masyarakat, dan para undangan lainnya. (Danus)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius