Dinas Pangan dan Perikanan Dalam Perayaan HUT Kabupaten Sijunjung Adakan Lomba Olahan Pangan Berbahan Ikan



SUMBARNET.COM - Dalam rangka hari jadi kabupaten Sijunjung yang ke 73 tahun, Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Sijunjung mengadakan lomba olahan pangan lokal dan olahan berbahan dasar ikan yang diadakan di gedung pertemuan Pancasila Muaro Sijunjung,Rabu  (16/02/2022)


Acara ini dibuka langsung oleh ketua TP-PKK kabupaten Sijunjung Ny. Riri Benny Dwifa. Turut mendampingi acara ini kepala Dinas Pangan dan Perikanan dalam hal ini diwakili oleh Kabid. Penguatan daya saing perikanan Firdaus ,SE, Mardalena Kabid Pemberdayaan Masyarakat Nagari, Camat Kamang Baru, Camat IV Nagari serta para peserta lomba yang terdiri dari 36 tim yang masing masing tim terdiri atas 2 orang, adapun peserta lomba ini berasal dari seluruh OPD serta dari kecamatan yang ada dilingkungan Kabupaten Sijunjung.


Tujuan diadakannya kegiatan lomba ini adalah dalam rangka rangkaian Hari Jadi Kabupaten Sijunjung yang ke 73 tahun.

"Menang dan kalah itu biasa, yang terpenting di perlombaan ini adalah kekompakan dan silahturahmi antara kita tetap terjaga", uangkap ketua TP PKK kabupaten sijunjung.


Lomba olahan pangan ini terdiri atas 2, antara lain olahan pangan lokal seperti ubi dan jagung serta olahan berbahan baku ikan seperti ikan nila.


Adapun kriteria penilaian pada lomba kali ini antara lapisan n kreatifitas/inovasi resep baru, cita rasa, hygienis/ kebersihan serta penampilan/diplay.


Juri lomba terdiri dari 3 orang antara lain berasal dari profesional cooking Yodhi "Rumah Asoka" Muaro Sijunjung, Ning Wisma Utami SP, M.Si Kabid konsumsi dan keamanan pangan serta Elda Fitria S.Pt dari Dinas Pangan dan Perikanan Sijunjung sendiri.


Firdaus, SE selaku ketua panitia mengatakan salah satu tujuan acara lomba ini selain dalam rangka rangkaian hari jadi kabupaten Sijunjung yang ke 73 tahun juga untuk melestarikan makanan yang berbahan baku lokal  seperti ubi, jagung dan juga berbahan baku dari ikan nila.


Setelah melalui penilaian panjang dari dewan juri keluar sebagai pemenang untuk kriteria olahan pangan lokal juara 1 Dinas Dagperinkop, juara 2 Dinas DPMN, juara 3 dari kecamatan Koto VII, sedangkan untuk kriteria olahan bahan baku ikan keluar sebagai juara 1 Dinkes, juara 2 Dinas Pertanian, juara 3 Dinas Sosial. (Danus)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius