Danrem 071/Wijayakusuma Hadiri Upacara Pengantar Tugas Satuan Tugas Pamwil Obvitnas PT. Freeport Indonesia Yonif 405/SK

 


SUMBARNET.COM - Komandan Korem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., hadiri upacara pengantar tugas prajurit Yonif 405/Surya Kusuma Brigif-4/Dewa Ratna yang akan berangkat Ops Pamwil Obvitnas PT. Freeport Indonesia Papua, pada Sabtu (21/5/2022) di Mako Yonif 405/Surya Kusuma Brigif-4/Dewa Ratna, Wangon, Banyumas.


Upacara pengantar tugas Satgas Pamwil Obvitnas PT. Freeport Indonesia Papua, selaku Irup Wakil Bupati Banyumas Drs. Sadewo Trilastyono, dihadiri pula Forkopimda Banyumas, Purbalingga dan Cilacap.


Bupati Banyumas Ir. Ahmad Husein dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Wakil Bupati Banyumas Drs. Sadewo Trilastyono menyampaikan apresiasinya kepada personel satgas pam Obvitnas PT. Freeport Indonesia Yonif 405/Surya Kusuma. "Atas nama pribadi dan pemerintah kabupaten Banyumas, menyampaikan selamat kepada satgas untuk melaksanakan tugas pengamanan salah satu obyek vital nasional", paparnya.


"Saudara-saudara adalah prajurit pilihan yang dinilai mampu mengemban tugas mulia ini, demi mewujudkan stabilitas keamanan yang menjadi modal dasar dari tumbuhnya investasi dan berkembangnya roda perekonomian. Saya yakin, saudara-saudara dapat menjalankan tugas ini dengan sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab", pinta Bupati Banyumas.


Dikatakan Bupati Banyumas, seperti  kita ketahui bahwa TNI mempunyai tugas sebagai alat pertahanan negara dimana TNI berfungsi menangkal setiap bentuk ancaman bersenjata baik dari dalam maupun dari luar terhadap kedaulatan, keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa. Selain itu, TNI juga sebagai penindak dalam setiap bentuk ancaman serta bertugas terhadap pemulihan kondisi keamanan negara yang terganggu.


"Salah satu yang menjadi tugas TNI adalah menjaga keamanan obyek vital nasional. Karena ancaman dan gangguan terhadap obyek vital nasional, dapat mengakibatkan bencana kemanusiaan dan pembangunan nasional serta terganggunya penyelenggaraan pemerintahan negara", terangnya.


Dijelaskan Bupati Banyumas, tugas pengamanan obyek vital nasional ini, sesuai dengan amanat dari Undang-undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI. Dalam Undang-undang nomor 34 tersebut, dinyatakan bahwa TNI adalah alat pertahanan NKRI yang bertugas melaksanakan kebijakan pertahanan negara untuk menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah dan melindungi keselamatan bangsa. Dengan menjalankan Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), serta mengamankan obyek vital nasional yang bersifat strategis.


"Sejalan hal tersebut, tugas yang saudara-saudara emban ini, merupakan tugas yang sangat penting dan strategis yang harus dilaksanakan dengan sepenuh hati dan dengan rasa tanggung jawab", pesannya.


Bupati juga menyampaikan Pemerintah Kabupaten Banyumas dan masyarakat Banyumas merasa bangga serta mendukung sepenuhnya tugas Satgas Yonif 405/Surya Kusuma dalam melaksanakan tugas pengamanan Obvitnas. Dan berharap, agar tugas yang diemban Yonif 405/Surya Kusuma tersebut dapat terlaksana dengan baik, aman dan lancar.


"Kami juga mendoakan agar seluruh personel diberi kemudahan, kesehatan dan keselamatan dalam menunaikan tugas ini baik dari pemberangkatan, pelaksanaan tugas di tanah Papua hingga kembali lagi ke Kabupaten Banyumas. Berangkat lengkap, pulang lengkap. Berangkat utuh, pulangpun utuh. Berangkat sehat, pulangpun dalan keadaan sehat. Kamipun mendoakan kepada keluarga yang ada dirumah, diberikan kesabaran untuk menanti saudara-saudara pulang, semoga keluarga yang dirumah juga diberikan kesehatan dan keselamatan dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Selamat bertugas", 


Diketahui bahwa 555 personel prajurit Yonif 405/Surya Kusuma Brigif-4/Dewa Ratna siap untuk diberangkatkan ke tanah Papua dalam rangka pengamanan obyek vital nasional (Obvitnas) PT. Freeport Indonesia selama 9 bulan kedepan. Mereka akan diberangkatkan siang ini dari Mako Yonif 405/Surya Kusuma Wangon menggunakan jalur darat ke Semarang dan keesokan harinya akan diterbangkan melalui bandara Ahmad Yani Semarang. Upacara pemberangkatan tersebut, akan dilepas oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetyono melalui upacara pemberangkatan satgas pam Obvitnas PT. Freeport Indonesia Papua. (**)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius