Dansatgas TMMD Kodim 1615/Lotim Pastikan 30 Unit Rumah Tuntas Sebelum Penutupan



SUMBARNET.COM - Disela-sela penanaman mangrove di pesisir pantai Desa Ekas Buana Kecamatan Jerowaru bersama Bupati Lombok Timur dan Personel Latsitarda Nusantara XLII tahun 2022, Komandan Kodim 1615/Lotim Letnan Kolonel Inf Amin Muhammad Said, SH., selaku Dansatgas TMMD ke 113 Kodim 1615/Lotim melihat langsung pembangunan program fisik pembangunan 30 unit rumah di Desa setempat.


Dandim 1615/Lotim kepada awak media mengatakan TMMD merupakan program dari Mabes TNI yang berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah dalam penanganan permasalahan pembangunan di daerah.


Saat ini Pemerintah Daerah Lombok Timur memiliki program pembangunan perumahan untuk merelokasi warga yang setiap tahunnya terkena banjir rob di pesisir pantai Desa Ekas Buana.


"Melalui program TMMD ini, TNI membantu Pemerintah Daerah dalam pembuatan perumahan tersebut diatas lahan seluas 60 are sehingga masing-masing rumah memperoleh tanah seluas 2 are," jelasnya.


Amin juga menjelaskan masing-masing rumah dilengkapi meteran listrik dan sertifikat hak milik (SHM) yang diberikan kepada masyarakat yang akan direlokasi.


Selain itu, mantan Danyonif Mekanis 741/GN itu juga menyampaikan program TMMD ke 113 akan berakhir pada tanggal 9 Juni 2022 dan pembangunan sisa perumahan sebanyak 23 unit akan dikerjakan oleh TNI dalam bentuk karya bhakti skala besar diatas lahan seluas 50 are.


"Alhamdulillah pada bulan lalu, lahan tersebut (50 are,red) sudah dilakukan penimbunan, in syaa Allah bulan depan sudah bisa digunakan," beber Amin.


Ia juga menyebutkan kendala yang dihadapi selama pelaksanaan TMMD yaitu kondisi cuaca, namun tidak menghambat proses pembangunan 30 unit rumah tersebut sehingga tetap berjalan lancar sampai dengan sekarang.


Terkait dengan menempati rumah tersebut, Dansatgas akan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah sehingga pembagian rumah tidak ada komplain dari masyarakat yang akan direlokasi.


Dansatgas juga optimis pembangunan 30 unit rumah tersebut akan selesai tepat waktu sehingga bisa diserahkan kepada Pemerintah Daerah pada saat penutupan TMMD pada 9 Juni mendatang. (**)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius