Peduli Korban Kebakaran di Pasar Baru Kampung Jao, Irwan Basir Serahkan Bantuan



SUMBARNET.COM - Peristiwa kebakaran yang menimpa warga jalan Pasar Baru Kelurahan Kampung Jao Kecamatan Padang Barat yang terjadi pada hari Selasa 24/5/2022  ditinjau oleh ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH.MM pada Jumat 27/5/2022 


Kedatangan Irwan Basir disambut oleh keluarga korban kebakaran beserta tokoh masyarakat diantaranya Tuako Alam, anggota DPRD Kota Padang Iswanto Kowara serta ketua RT dan Rw Pasar Baru.


Menurut salah seorang korban yang bernama Harry yang mana rumahnya turut terbakar menjelaskan kalau kebakaran ini terjadi sekitar pukul 22.00 wib dan api langsung cepat menyebar dan melahap 8 petak rumah yang dihuni oleh 30 jiwa. 


Irwan Basir sangat prihatin dengan musibah kebakaran yang akhir-akhir marak terjadi di pemukiman warga. Faktor penyebabnya hampir sama dengan kebakaran yang terjadi ditempat lain. 


" Kami dari DPD LPM Kota Padang merasa prihatin dengan musibah kebakaran yang marak terjadi menimpa warga. Baru kemaren, sekitar seminggu yang lalu musibah yang sama juga menimpa masyarakat di Balai Baru Kecamatan Kuranji. Sebelumnya juga  terjadi di Kelurahan Parak Gadang Timur Kecamatan Padang Timur. Penyebabnya hampir sama yaitu korsleting listrik atau kalau tidak dari alat memasak atau kompor. Ini yang selalu memprihatinkan kita," ucap ketua DPD LPM Kota Padang ini.


Irwan Basir juga menghimbau kepada seluruh warga agar senantiasa berhati-hati dalam penggunaan kompor untuk memasak. Disamping itu pemakaian alat-alat listrik juga perlu diperhatikan. Apalagi untuk instalasi listrik bagi  bangunan rumah lama. Ini perlu diperiksa dan kalau perlu dilakukan penggantian instalasinya yang mungkin sudah aus atau rusak.


"Kita semua tidak ada yang  menginginkan musibah ini. Tapi kita mungkin bisa berusaha mencegahnya supaya jangan terjadi yaitu dengan meningkatkan kewaspadaan kita dalam pemakaian alat-alat listrik  dan ala-alat memasak. Dan lakukan pemeriksaan terhadap instalasi listrik di rumah kita," tambah Irwan Basir lagi.


Kebakaran yang menimpa warga jalan Pasar Baru Kelurahan Kampung Jao ini  rata-rata korbannya adalah warga Tionghoa. Menurut Irwan Basir, LPM adalah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat yang tidak melihat perbedaan suku, latar belakang, agama atau cultur dari masyarakat itu sendiri. LPM adalah lembaga masyarakat, milik masyarakat dan untuk seluruh masyarakat.


" Kita harus menyadari kalau masyarakat Kota Padang sangat majemuk dan heterogen. Suku atau komunitas masyarakat apapun ada di Padang. Mereka ada yang berlatar belakang berbeda dan agama yang berbeda. LPM tidak pernah mengenal perbedaan itu. Kalau diantara mereka ada ditimpa musibah, kita juga turut merasakannya karena mereka adalah saudara kita dan warga kota Padang yang tercinta ini. Dan kita wajib membantu mereka. Untuk diketahui,  pada prunsipnya LPM tidak kemana-mana tetapi akan selalu ada dimana-mana", pungkas Irwan Basir.


Sementara itu, tokoh masyarakat Tionghoa Tuako Alam, mengucapkan terima kasih sekali atas kunjungan Irwan Basir beserta pengurus DPD LPM Kota Padang. 


" Mewakili korban kebakaran, saya sangat berterima kasih sekali atas kedatangan Bapak Irwan Basir bersama pengurus DPD LPM Kota Padang. Mudah-mudahan kedatangan rombongan LPM Kota Padang ini dapat meringankan beban duka dari korban kebakaran ini," ucap Tuako Alam yang didampingi oleh anggota DPRD Kota Padang Iswanto Kowara.


Irwan Basir pada kesempatan itu juga menyerahkan bantuan sembako dan juga uang tunai yang diterima langsung oleh salah seorang korban. Bantuan uang tunai juga disumbangkan oleh anggota DPRD Kota Padang Iswanto Kowara kepada korban kebakaran.


Hadir pada kesempatan itu, Camat Padang Barat yang diwakili oleh kasi Trantib Kecamatan Padang Barat, Lurah Kampung Jao serta tokoh masyarakat lainnya.


Di jajaran DPD LPM Kota Padang, hadir beberapa wakil ketua DPD LPM Kota Padang, Sekretaris dan wakil sekretaris LPM Kota Padang serta pengurus DPD LPM lainnya. Juga hadir Ketua DPC LPM Padang Barat, Ketua DPC LPM Padang Timur dan ketua DPC LPM Kecamatan Koto Tangah. (**)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius