Dinas Pariwisata Sumbar Gelar Sosialisasi Geopark Silokek Ranah Minang



SUMBARNET.COM - Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat  menggelar kegiatan Sosialisasi Geopark Ranah Minang, pada rabu 22/6/22 bertempat di Balairung Lansek Manih Muaro Sijunjung


Kegiatan sosialisasi  ini diikuti oleh 100 orang peserta pengelola yang merupakan masyarakat sekitar lokasi Geopark Silokek.


Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata Dinas Pariwisata Sumbar Doni Hendra menyatakan kegiatan sosialisasi ini sangat penting digelar di Sijunjung  karena Geopark silokek Nasional  merupakan bahagian dari Geopark Ranah Minang.


“Ada tiga Geopark Nasional di Sumbar yakni geopark Sawahlunto, geopark Silokek Kabupaten Sijunjung dan Geopark Ngarai Sianok Maninjau “ kata Doni Hendra.


Saat ini, sebutnya Pemerintah Provinsi Sumatera Barat secara bertahap akan segera mengusulkan Empat Geopark Nasional yaitu Singkarak, Harau, Talamau dan Solok Selatan.


Dan target akhir dari pengusulan itu yakni pengakuan dari UNESCO, sebab hal itu akan memberikan manfaat besar bagi masing-masing daerah yang diakui.


“Semoga dengan menjadi Geopark Nasional dan target terakhir adalah Geopark yang diakui oleh UNESCO dapat memberikan dampak positif bagi daerah setempat dari kenaikan jumlah pengunjung hingga peningkatan pendapatan asli daerah (PAD),” ujarnya.


Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sijunjung Afrineldi Amur SH berharap dengan sosialisasi yang diikuti peserta dari unsur Kelompok Sadar Wisata (pokdarwis), pelaku, komunitas pecinta geopark, silokek komponen masyarakat serta wartawan ini akan menyatukan semangat dengan visi misi yang satu dalam pengembangan dan pelestarian Geopark Silokek Nasional Kabupaten Sijunjung.


“Dalam upaya melestarikan serta pengembangan geopark nasional silokek di sijunjung ini sangat penting peranserta masyarakat didalamnya. Dan terus mendorong eksistensi serta kerja badan pengelola Geopark silokek sijunjung nantinya” harap Afrineldi Amur. 


Selain penyampaian kebijakan dan dukungan pemerintah Sumbar dalam penegmbangan Geopark  Sumbar dan kb sijunjung pada kegiatan sosialisasi itu juga menyampaikan materi informasi geopark silokek secara umum dan pemberdayaan masyarakat  Geopark  Padang, Potensi dan Pengembangan Geopark Nasional Geologi Sumbar. (Danus)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius