Wabup Iraddatillah Canangkan Vaksinasi PMK Pada Ternak Di Kabupaten Sijunjung



SUMBARNET.COM - Melalui Dinas Pertanian, Wakil Bupati Kabupaten Sijunjung Iraddatillah mencanangkan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak di Kabupaten Sijunjung.


Pencanangan ini sebagai tanda dimulainya vaksinasi PMK di Kabupaten Sijunjung yang di selenggarakan di pusat peternakan kelompok sinar maju jaga Nagari Kunangan Parit Rantang, Kecamatan Kamang Baru, Selasa (28/6).


Wakil Bupati Sijunjung Iraddatillah, dalam arahannya mengatakan dengan di canangkannya vaksinasi PMK ini sebagai motor penggerak pengendalian dan penanggulangan PMK di Sijunjung secara terpadu serta meningkatkan peran serta masyarakat kita dalam melakukan pengendalian PMK.


"Ini merupakan salah satu tindakan yang dilakukan permanen dan upaya serius pemerintah Sijunjung dalam rangka pencegahan dan pengendalian PMK melalui pengebalan hewan yang rentan PMK"


Melalui vaksinasi PMK ini harapkan Dinas terkait bergerak cepat, Poskeswil ambil peran sehingga imun ternak kita terpenuhi dengan baik sehingga tidak kita temui masyarakat kita mengalami kerugian karena PMK ini.


Kami menghimbau kepada masyaramat kami, kalau ada ternak yang sakit,agar memberitahu secepatnya kepada unsur-unsur terkait sihingga bisa kita carikan solusinya secara bersama-sama.


Sekretaris Dinas Pertanian, Dewi Sinta Ananda menjelaskan Kabupaten Sijunjung mendapatkan alokasi vaksin 300 dosis.


Adapun kegiatan vaksinasi PMK ini akan dilakukan mulai tanggal 28 juni hingga 30 Juni 2022, yang manan akan di selenggarkan tiga titik yang masing-masing titik mendapat 100 dosis diantaranya Nagari Kunangan Parit Rantang, Nagarai Lubuak Tarantang, Kecamatan Kamang Baru dan Nagari Kumanis, Kecamatan Sumpur kudus.


Peruntukan vaksinasi akan diprioritaskan untuk hewan yang sehat dan beresiko tertular PMK, jadi yang sehat juga harus di vansinasi,"Terangnya".



Dijelaskan Dewi Sinta Ananda dari tanggal 13 May hingga 28 Juni kita temui sebanyak 149 ternak yang terkena PMK ini, namun hingga saat ini sudah 84 sudah bisa kita atasi dan sudah sembuh. (Danus)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius