Wabup Sijunjung Hadiri Pembukaan Layanan Sidang Terpadu Itsbat Nikah PA



SUMBARNET.COM - Wakil Bupati Sijunjung Iraddatillah hadir dalam pembukaan acara Layanan sidang terpadu Itsbat Nikah Pengadilan Agama Sijunjung di UDKP Kecamatan Sijunjung, pada Rabu (29/6/2022).


Dalam kesempatan tersebut Wabup Radi menyampaikan dokumen kependudukan sangat penting karena itu merupakan wajib dan dokumen dasar yang perlu di miliki oleh penduduk.


Kecamatan Sijunjung dengan jumlah penduduk sebanyak 48.644 orang, yang telah mempunyai buku nikah sebanyak 8.880 pasang dan yang belum memiliki buku nikah 2.474 pasang, jelas Wabup Radi.


Kegiatan Itsbat Nikah sangat penting dilaksanakan karena masyarakat langsung mendapatkan penetapan pengadilan tentang Isbat Nikah, Buku Nikah, Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran.


Wabup Radi berharap, semoga kegiatan ini masih berjalan sehingga seluruh penduduk yang status kawin yang belum tercatat menjadi tercatat dan sudah punya buku nikah, pungkas Wabup Radi.


Ketua Pengadilan Agama Sijunjung, Azizah Ali mengucapkan selamat kepada bapak dan ibu yang melaksanakan sidang Itsbat Nikah. 


Kegiatan terselenggara berkat kerjasama Kementerian Agama (KUA se-Kabupaten Sijunjung) dan Dinas Kependudukan serta Pencatatan Sipil Kabupaten Sijunjung, jelas Azizah.


Dengan kerjasama yang baik sehingga terwujudnya kegiatan Itsbat Nikah yang memang sangat penting bagi masyarakat yang belum mempunyai buku nikah.


Alhamdulilah untuk Kegiatan Itsbat Nikah mendapat delapan kegiatan yang diberikan kepada setiap kecamatan namun ada dua kecamatan yang tidak mengambil manfaat dari program ini, jelas Azizah.


Sedangkan Kecamatan yang mengambil Program Itsbat Nikah yakni Kecamatan Lubuk Tarok 10 peserta, Kecamatan Sijunjung 63 peserta, Kecamatan Kamang Baru 8 peserta, Kecamatan Sumpur Kudus 13 peserta, Kecamatan Kupitan 4 peserta dan Koto VII 11 peserta.


Kemudian sambutan Kakan kemenag, diwakili Kasi Bimas Islam Yon Hendra menyampaikan, kutipan akta nikah sangat penting dalam kehidupan kita karena apapun yang kita lakukan dalam rumah tangga proses pertama yang ditanya adalah kutipan akta nikah


Apalagi ada sesuatu pengurusan di Pemerintah Daerah berawal dari kutipan akta nikah salah salah contoh anak ingin masuk sekolah itu tidak lepas dari buku kutipan akta nikah begitu pentingnya akta nikah, jelas Yon. (Darwen/Danus)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius