Bupati Benny Dwifa Yuswir Hadiri Upacara Hari Bhayangkara Tahun 2022



SUMBARNET.COM - Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si hadir dalam upacara Hari Bhayangkara ke-76 pada Selasa (5/7) di Mapolres Sijunjung.


“Survey terbaru Kompas kemarin menyatakan 58 % responden menyatakan puas terhadap kinerja Presisi Polri” demikian amanat Presiden Joko Widodo selaku Inspektur Upacara Hari Bhayangkara ke-76 secara virtual dari Akpol di Semarang.


Turut hadir pada Upacara Hari Bhayangkara ke-76 ini antara lain, Kapolres Sijunjung AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi, SH, S.Ik, MH, Dandim 0310 SS Letkol Inf. Endik Hendra Sandri, S.Sos, M.I.Pol, Ketua DPRD Bambang Surya Irawan, serta unsur Forkopimda lainnya dan Sekda Dr. Zefnihan, AP, M.Si, termasuk PJU Polres, Kapolsek, Ketua Bhayangkari.


“Tugas berat Polri kedepan sangatlah berat diantaranya mensukseskan IKN serta Pemilu, pindah ibukota adalah perpindahan budaya kerja” demikian Presiden Joko Widodo selaku Inspektur Upacara Hari Bhayangkara ke-76 secara virtual.


Tema Hari Bhayangkara ke-76 tanggal 1 Juli 2022 adalah “Polri yang Presisi Pendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh – Indonesia Tumbuh”.


Setelah mengikuti Upacara Hari Bhayangkara ke-76 secara virtual, acara dilanjutkan dengan syukuran yang berlokasi di Aula Jananuraga, Mapolres Sijunjung yang dihadiri oleh Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si, Kapolres Sijunjung AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi, SH, S.Ik, MH, Purnawirawan Polri, Forkopimda, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Bundo Kandung, dan undangan lainnya.


Syukuran Polres Sijunjung dalam rangka Hari Bhayangkara ke-76 diawali dengan doa yang dipimpin oleh Kasat Binmas IPTU H. Syafril, S.Pd dilanjutkan sambutan Kapolres Sijunjung.


“Saya sangat bahagia sekali kita bisa berkumpul pagi ini, dan kado terindah kita adalah terpeliharanya Kamtibmas ditengah masyarakat, marilah kita selalu menjaga soliditas” demikian sambutan Kapolres Sijunjung AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi, SH, S.Ik, MH dalam Syukuran Hari Bhayangkara ke-76.


Pada kesempatan ini juga diserahkan penghargaan dari Bupati Sijunjung kepada 11 orang personil Polres Sijunjung dalam bidang Perlindungan Perempuan dan Anak.

11 orang personil tersebut adalah Muhammad Ikhwan Lazuardi, SH, S.Ik, MH, AKP Abdul Kadir Jailani, S.Ik, IPTU Azhamu Suwaril, SH, AIPDA Anton Sudarta, SH, AIPDA Doni Febriandi, SH, BRIPKA Riddal Afdil, BRIPKA Sectio Andres, SH, BRIPTU Fedi Kardian, BRIPTU Nina Setia Dewi, SH, BRIPTU Welly Surya Ningsih, dan BRIPDA Ridho Palma.


Kapolres Sijunjung AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi, SH, S.Ik, MH pada kesempatan ini juga menyerahkan piagam penghargaan kepada 3 media yang konsisten memberitakan publikasi positif kegiatan Polres Sijunjung dan diterima langsung oleh 3 orang wartawan yakni Beni Roska dari TV One, Ekky Prima Endo dari Posmetro Padang, serta Saptarius dari Jurnal Sumbar.


Kapolres Sijunjung AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi, SH, S.Ik, MH juga melakukan pemotongan tumpeng dan menyerahkannya kepada personil Polri tertua lingkup Polres Sijunjung yaitu AIPTU Arisman dan anggota Polri termuda BRIPDA Prasone.


Hari Bhayangkara merupakan sejarah panjang yang tak bisa dilepaskan dari bangsa Indonesia, mulai dari zaman Majapahit, zaman penjajahan, zaman kemerdekaan hingga masa reformasi saat ini.


Zaman Kerajaan


Pada zaman Kerajaan Majapahit, Patih Gajah Mada membentuk pasukan pengamanan yang disebut dengan Bhayangkara yang bertugas melindungi raja dan kerajaan.


Masa kolonial Belanda


Pada masa kolonial Belanda, pembentukan pasukan keamanan diawali oleh pembentukan pasukan-pasukan jaga yang diambil dari orang-orang pribumi untuk menjaga aset dan kekayaan orang-orang Eropa di Hindia Belanda pada waktu itu. Pada tahun 1867 sejumlah warga Eropa di Semarang, merekrut 78 orang pribumi untuk menjaga keamanan mereka.


Wewenang operasional kepolisian ada pada residen yang dibantu asisten residen. Rechts politie dipertanggungjawabkan pada procureur generaal (jaksa agung). Pada masa Hindia Belanda terdapat bermacam-macam bentuk kepolisian, seperti veld politie (polisi lapangan), stands politie (polisi kota), cultu. (**)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius