Bupati Epyardi Asda Sehari Bersama Masyarakat Sianggai Anggai



SUMBARNET.COM - Bupati Kabupaten Solok H. Epyardi Asda, M. Mar bersama Anggota DPR RI Komisi V Athari Gauthi Ardi hadiri kegiatan Baralek Kaua tahun Ke-85 bertempat di Jorong Sianggai-Sianggai Nagari Sariak Alahan Tigo, Jumat (15/07/2022)


Turut hadir Anggota DPRD, Asisten II, Kepala OPD, Camat Hiliran Gumanti, Camat Lembah Gumanti, Forkompimcam, Walinagari Sariak Alahan Tigo Baharuddin, Ketua KAN dan BPN Se-Kecamatan Hiliran Gumanti, Tokoh-tokoh Agama dan Adat serta Masyarakat di Nagari Sariak Alahan Tigo

 

Bupati Solok dalam lawatan sehari di Sariek Alahan Tigo akan mengikuti serangkaian acara. 


Di awali dengan Temu Ramah dengan Para Guru yang bertugas di Nagari Sariak Alahan Tigo yang bertempat di SD Negeri 10 Sariak Alahan Tigo.


Setelah Shalat Jumat Epiyardi langsung

Mengikuti arak-arakan bersama Ninik mamak, bundo kanduang serta Masyarakat Nagari Sariak Alahan Tigo menuju lokasi alek kaua.


 Sesampai di lokasi Bupati disambut dengan Tari Pasambahan dan penyerahan sirih dalam carano oleh Anak Nagari Sariak Alahan Tigo.


Ketua panitia dalam laporannya mengatakan, bahwa kegiatan Baralek Kaua merupakan tradisi syukuran yang telah dilaksanakan secara turun temurun selama kurang lebih 240 tahun dan telah dilaksanakan sekitar 85 kali. Kegiatan ini dilakukan untuk selalu menjaga persatuan dan kebersamaan antara masyarakat Nagari yang berlangsung selama dua hari di Lapangan Jorong Sianggai-Sianggai, seluruh pembiayaan dari kegiatan bersumber dari sumbangan Masyarakat.


Bupati Solok H. Epyradi Asda dalam sambutannya menyampaikan rasa bahagia atas antusiasme masyarakat dalam melaksanakan dan menjaga tradisi-tradisi adat yang telah ada sejak zaman dahulu. Kegiatan Alek Kaua ini juga merupakan bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.


Lebih lanjut  Epiyardi mengatakan sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang mengandung unsur Tradisi Adat dan Budaya di Minangkabau, dan mengembalikan nilai-nilai kebudayaan yang sudah mulai pudar dikehidupan masyarakat Kabupaten Solok.


 Selain Bupati Anggota DPR RI Komisi V Athari Gauthi Ardi juga memberikan apresiasi atas kegiatan Alek Kaua ini yang dilaksanakan dengan meriah oleh masyarakat.  Athari mengatakan pada tahun 2023-2024 akan selalu memperjuangkan aspirasi yang disampaikan masyarakat. Menurutnya ini merupakan bentuk pengabdiannya sebagai wakil rakyat di DPR RI.


"Mohon doa dan dukungannya agar saya senantiasa selalu terjaga dan bisa lancar dalam memperjuangkan aspirasi Masyarakat di Pemerintahan Pusat" pungkas Athari. (Nazwirman)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius