Dandenpom 1/4 Padang Bersama Masyarakat Laksanakan Shalat Idul Adha 1443 H



SUMBARNET.COM - Komandan Detasemen Polisi Meliter Letnan  Kolonel Cpm P. Tanjung, S. Sos, bersama masyarakat sekitar, hadir untuk melakukan sholat Idul Adha 1443 H/2022 M di Lapangan Apel Dandenpom 1/4 Padang. Jl. Bundo Kanduang No.6, Belakang Tangsi, Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat, Minggu (10/7/2022)

Perayaan Idul Adha 10 Dzulhijah 1443 H, Denpom I/4 Padang dan jajaran melaksanakan pembagian daging hewan Qurban 4 ekor sapi dan 3 ekor kambing, pada Minggu (10/7/2023).


Adapun pembagian daging hewan qurban dilakukan di tiga tempat yaitu Madenpom I/4 Padang Jl. Bundo Kandung No. 25 Padang, Subdenpom I/4-3 Bukittinggi Jl. Jend Sudirman No. 9 Bukittinggi, dan Kampung Rao Kec. Lubuk Sikaping Kab. Pasaman Prov. Sumbar.

Idul Adha yang kita peringati ini mengandung pembelajaran yang meliputi tiga hal, yaitu ketaqwaan, hubungan antarmanusia, dan peningkatan kualitas diri. Sehingga dari ketiga hal tersebut akan menumbuhkan kesolehan pribadi dan kesolehan sosial,” kata Dandenpom 1/4 Padang.

Dikatakan pula bahwa untuk mencapai kesolehan pribadi, umat Islam disunnahkan dan dianjurkan di hari-hari paling agung dan dicintai Allah Subhana Wata’ala, yaitu sepuluh hari awal bulan Dzulhijjah untuk memperbanyak tahlil, takbir, dan tahmid. Disamping amal shaleh lainnya dengan memperbanyak shalat sunnah, membaca al qur’an, shaum, bersedekah, dan amal shaleh lainnya yang tidak bisa dihitung jumlahnya. Sedangkan secara sosial berkurban adalah sarana untuk mensejahterakan umat.

”Hikmah yang bisa dipetik dari peristiwa Nabi Ibrahim yang menyembelih putranya Nabi Ismail Alaihisallam adalah ujian keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Subhana Wata’ala. Selain itu, merupakan bukti akan ketaatan dan keikhlasan pada sang Kholik. Secara tidak langsung, nabi Ibrahim Alaihisallam memberikan contoh kepada umatnya agar menghargai pendapat orang lain. Tidak mengedepankan egonya masing-masing meski terhadap putranya sendiri. Selain itu, mengajarkan pula betapa pentingnya peduli terhadap sesama. ”Terlebih di saat pandemi seperti ini, spirit Idul Adha harus dapat kita terapkan sebagai wujud iman dan taqwa kita kepada Allah Subhana Wata’ala,”

Dandenpom 1/4 Padang Letkol CPM Partomuan Tanjung, S.Sos menyampaikan bahwa Madenpom I/4 Padang melaksanakan pembagian 100 (seratus) Bungkus Daging Qurban.


"Untuk Subdenpom I/4-3 Bukittinggi juga sebanyak 100 (seratus) Bungkus Daging Qurban, dan Pembagian di Kapung Rao sebanyak 200 (dua ratus) Bungkus Daging Qurban," kata Letkol CPM Partomuan Tanjung, S.Sos.


Semua daging korban itu dibagikan kepada masyarakat sekitar, Kaum Duafa dan Fakir miskin.


Letnan Kolonel Cpm P. Tanjung, S.Sos juga menjelaskan bahwa Selama dalam pelaksanaan penyembelihan hewan Qurban dapat dilaksanakan dalam keadaan aman,tertib dan lancar serta mematuhi protokol kesehatan. (**)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius