Menteri Sandiaga Uno Kunjungi Kawasan Wisata Geopark Silokek di Sijunjung



SUMBARNET.COM - Kawasan wisata Geopark Silokek di Nagari Silokek Kecamatan Sijunjung Kabupaten Sijunjung, Sandiaga Salahuddin Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, pada hari Rabu (06/07/2022). 


Sandiaga Uno mengucapkan selamat kepada masyarakat Silokek serta Pemerintahan Kabupaten Sijunjung atas terpilih Desa Wisata Silokek menjadi 50 desa wisata terbaik tahun ini.


"Jadikan pencapaian ini sebagai motivasi untuk terus tetap mengembangkan desa wisata yang berkualitas dan berkelanjutan untuk Indonesia bangkit,” kata Sandiaga Uno.



Dalam kunjungan ini, Sandi didampingi oleh Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M. Sekretaris Daerah Kabupaten Sijunjung, Dr. Zefnihan,dan kadis pariwisata  Afrineldi Amur,  SH . Forkopimda, tampak juga Staf Khusus Menparekraf Bidang Akuntabilitas, Pengawasan, Reformasi, dan Birokrasi, Irjen Pol. Krisnandi, Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf/Baparekraf Indra Ni Tua, serta Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Hariyanto, didampingi pula oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatra Barat Luhur Budianda bersama Kepala Cabang Utama (KCU) Padang BCA Robert Siahaan.


Menteri dan rombongan Parekraf tiba di titik drop off Gerbang Geopark Silokek disambut oleh duta wisata yang mempersilahkan Menteri dan rombongan untuk melakukan CHSE Menteri dan rombongan Menparekra bertemu dengan Forkopimda dan Ketua Pokdarwis dan mendengarkan Pemaparan 7 Kategori penilaian ADWI 2022 mengenai Desa Wisata Geopark Silokek yang disampaikan langsung oleh Wali Nagari Silokek Mardison dan Rubis Prisusanto.


Ketua Pengelola Desa Wisata mempresentasikan desa wisata yang terdiri dari atraksi wisata, homestay, produk wisata, wisata kuliner, dan sarana prasarana disertai tayangan melalui LED TV.



Menteri dan rombongan bersama-sama naik odong-odong berkeliling desa Mas Menteri dan rombongan melihat atraksi panjat tebing dari komunitas panjat tebing Menteri melihat lihat atraksi pemain musik Talempong. 

 

Menteri naik odong-odong lagi dan melihat aktifitas arum jeram di sungai  Menteri melihat aktifitas ibu-ibu yang sedang medulang emas.


Menteri dan rombongan tiba di rest area lalu membeli tiket Menteri dan rombongan melihat tarian Ndulang Emas yang dibawakan oleh anak- anak Menteri dan seluruh rombongan berkeliling melihat UMKM Menteri melihat dan mencoba pembuatan produk kuliner yaitu: Kacau Asam, dan makanan kemasan lainnya Menteri melihat produk fashion yaitu: Tas rajut, batik, tenun. Menteri melihat produk karya yaitu: gantungan kunci Menteri menandatangani prasast dan memberikan sertifikat, plakat, dl ke Kepala Desa dan ketua Pokdarwis.


"Wisata Geopark Silokek akan menjadi kawasan Unesco Global Geopark (UGGp), Kadis pariwisata Sijunjung Afrineldi yang mendapat apresiasi oleh menteri .siang itu mengatakan, hari ini desa wisata Silokek sudah masuk 50 terbaik Indonesia dari 3500 desa wisata yang di nilai Tim kementrian Parawisata dan Ekonomi Kreatif. InsyaAllah desa wisata Silokek masuk 5 (lima) besar," harap Afrineldi. 


Bukti keseriusan Pemda Sijunjung dalam upaya menjadikan Geopark Silokek menjadi UNESCO Global Geopark (UGGp) yang prosesnya tengah berlangsung di Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI).


“Saya ucapkan selamat kepada Geopark Silokek, semoga ini adalah jawaban kita, solusi kita untuk menciptakan peluang masyarakat untuk bangkit, penghasilan masyarakat," katanya. (Danus)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius