Kekuatan Budaya, Bisnis Dan Spiritualitas Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia


KamangMudiak.SNet- Ada tiga kata yang sangat BERTUAH, jika DISINERGIKAN akan MENGUBAH hidup kita secara LUAR BIASA. Sehingga kita bisa meningkatkan Martabat Diri dan Kualitas Hidup. Namun sayangnya ketiga kata ini jarang disandingkan orang sebagai satu pola meraih SUKSES yang HAKIKI. Ketiga kata ini, yakni BUDAYA, BISNIS dan SPIRITUALITAS, hampir tak pernah dihubungkan. Ketiganya seakan dianggap menempati dunia yang berbeda. Budaya dan bisnis memang cukup sering disandingkan. Namun, kata SPIRITUALITAS amatlah asing bagi kedua dunia tersebut.

Kebudayaan Nusantara mengisi serta menentukan jalannya kehidupan  manusia Indonesia. Sekalipun, terkadang tidak disadari oleh manusia itu sendiri. Jelas, Indonesia kaya raya dengan beragam budaya. Namun, kita tak acuh bahkan tidak hendak mengenal apalagi mengakuinya. Inilah Masalah kita hari ini. Ketakmengertian budaya dan jati diri. Persoalan kesadaran bangsa. Kekayaan budaya, termasuk kearifan lokal yang seakan menjadi slogan belaka.

Tak heran, jika BUDAYA dipahami dengan cara seperti ini, KRISIS BUDAYA pun terus terjadi. Kebencian dan prasangka menjadi udara yang dihirup bersama. Hujatan dan Hoax pun bertebaran di mana-mana. Fitnah dan kedangkalan berpikir menjadi warna kehidupan sehari-hari. Buahnya adalah GAYA HIDUP yang dipenuhi dengan HEDONISME, korupsi, kolusi, manipulasi dan nepotisme, seperti kita lihat sekarang ini.

BISNIS pun juga dianggap sebagai sesuatu yang JAUH dari SPIRITUALITAS. Bisnis dipahami secara sempit sebagai upaya untuk menghasilkan keuntungan sebesar-besarnya. Berbagai cara ditempuh untuk mencapai hal ini, bahkan dengan merugikan orang lain dan melanggar hukum yang berlaku. Bahkan. dalam upaya memperkaya diri secara tidak sehat, para pelaku bisnis seringkali menjadikan budaya hanya sebagai komoditas yang
diperdagangkan. Termasuk rekayasa dan manipulasi seni budaya untuk kepentingan komersial mereka yang culas.

Bisnis semacam ini juga akan terus terjatuh ke dalam KRISIS. Kesenjangan sosial antara si pemilik modal dan si pekerja juga akan semakin besar. Beragam masalah pun muncul, sebagai akibat dari kesenjangan sosial tersebut, mulai dari kriminalitas sampai dengan konflik berdarah. Tidak hanya itu, banyak juga lingkungan alami, seperti hutan tropis, yang rusak, akibat sepak terjang para PEBISNIS RAKUS.

Semua ini bisa dihindari, jika budaya, bisnis dan kehidupan dihubungkan kembali dengan spiritualitas. SPIRITUALITAS adalah sebuah sudut pandang yang melahirkan cara hidup tertentu, dimana kebutuhan tubuh dilihat hanya sebagai satu bagian dari keseluruhan hidup itu sendiri. Pendek kata, hidup itu lebih luas dari sekedar makan, pergi jalan-jalan, tampil sok religius di depan umum, membeli pakaian bagus, rumah bagus dan kendaraan mewah. Jika ini tak dipahami, orang akan terjebak pada hidup yang sia-sia dan penuh derita.

Spiritualitas juga menyibak fakta dengan JATI DIRI asali manusia. Tubuh akan tumbuh, sakit, menua dan kemudian mati. Namun, ada sesuatu yang abadi di dalam diri manusia. Ia tidak diciptakan, dia “DITIUPKAN” ke dalam tubuh. Sesuatu itu adalah RUH, ENERGI ILAHIYAH atau NURIL HAYAT yang MEMBERI HIDUP dan KEHIDUPAN.

Hidup dengan spiritualitas berarti menyadari betul hal ini. Hidup pun lalu dilihat dari sudut pandang “NGEJAWANTAHI” Gusti Allah, sebagai Khalifah-Nya di bumi. Maka TENGGELAM apa yang disebut sebagai “DIRI” dengan segala ambisi, ketakutan dan kerumitan emosionalnya ke dalam IRADAT dan QUDRAT-NYA. Dari sudut pandang ini, hidup adalah keutuhan, kedamaian dan kejernihan dari saat ke saat.

Hidup tanpa spiritualitas adalah hidup yang penuh dengan ketakutan. Orang melihat dirinya sendiri sebagai sesuatu yang kecil dan rapuh. Sehingga dia pun sering mengeluh dan was-was. Namun, ini semua kesalahpahaman yang lahir dari pola didik dan pola pikir yang salah. Ketika SPIRITUALITAS sungguh DIDALAMI dan menjadi bagian dari kehidupan,  Maka ketakutan akan sirna dalam sekejap mata. Karena kita selalu Mengingat-Nya, Mengikuti Iradat dan Qudrat-Nya, bersama-Nya dalam Genggaman-Nya, Lebur dalam Cinta-Nya Yang Tiada Tara.

# SNet - AZ / Jenius

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius