Wujudkan Padang Cerdas Bencana, BPBD Gelar Rakor


Padang(Sumbar).SNet- Rapat Koordinasi Kebencanaan Kota Padang Tahun 2018 bertemakan Melalui Rapat Koordinasi Kita Tingkatkan Kerjasama dan Kesiapsiagaan Dalam Menghadapi Bencana Menuju Padang Kota Cerdas Bencana di gelar BPBD Kota Padang di Hotel Kyriad Padang.

Acara di buka langsung oleh Kalaksa BPBD Kota Padang, menghadirkan narasumber, Erman Rahman, SE, MM, Kalaksa BPBD Propinsi Sumatera Barat, Dr. Edi Hasymi, M.Si, Kalaksa BPBD Kota Paang, Drs Afriadi Sekretaris Dinas Sosial Kota Padang, Kapten Asrul dari Dandim Kota Padang, Patra Rina Dewi, M.Sc dari Kogami Kota Padang.
Hadir dalam acara ini, Kapolsek Se-Kota Padang, Danramil, OPD, LSM, NGO dan Insan Kebencanaan Kota Padang.

Kalaksa  BPBD Kota Padang, Edi Hasymi menyatakan rakor ini sangat penting karena menurutnya, inti dari penanggulangan bencana adalah meningkatkan kerjasama dan pola kerja tim. Sebab, penanggulangan bencana tidak bisa dilakukan sendiri oleh BPBD kota Padang.

“BPBD kota Padang tidak bisa bekerja sendirian, harus bekerja dan berkoordinasi dengan lembaga-lembaga yang ada, serta melibatkan unsur-unsur dari masyarakat, selain itu Kalaksa berharap bagaimana peran masing-masing dari TNI, Polri, OPD, NGO, dan Insan Kebencanaan, sehingga nanti dilapangan mereka akan mengetahui apa yang akan di lakukan, mari tingkatkan jalinan komunikasi dan koordinasi serta sinergitas antara seluruh stake holder kebencanaan sehingga pelayanan terhadap masyarakat yang terkena bencana dapat cepat, tepat, terarah dan menyentuh” tandasnya.

Sedangkan menurut Drs. Henry MM selaku Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan yang juga Panitia Pelaksana mengatakan Rapat Koordinasi kebencanaan ini diikuti 100 peserta yang terdiri dari SKPD terkait kebencanaan, Kapolsek Se-Kota Padang, Danramil, OPD, LSM, NGO dan Insan Kebencanaan Kota Padang.

“Poin mendasar yang menjadi kesimpulan dari acara tersebut antara lain, pemahaman kepada pihak terkait dalam rangka penanggulangan bencana karena dalam penanggulangan bencana tidak hanya bertumpu pada BPBD. Pelatihan yang sifatnya kemasyarakatan juga perlu dilaksanakan dalam rangka kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana” ujarnya mengakhiri.

# SNet - Hariza Riko

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius