Yuk Belanja Di Warung Tetangga


Cikarang.SNet- Dewan Kemakmuran Masjid Baiturrahman mempelopori Gerakan Belanja di Warung Tetangga (GBWT). Gerakan Ini menyerukan agar warga Desa Sukaraya, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mengurangi belanja di minimarket berjejaring. Kegiatan tersebut adalah bagian dari Program Pemberdayaan Masyarakat Masjid Baiturrahman.

Hasil penelitian pegiat GBWT selama 2017, uang warga yang masuk ke satu minimarket saja di Desa Wanayasa mencapai angka 1,8 miliaran rupiah. Data itu mereka peroleh berdasarkan hasil wawancara dengan seorang sumber di satu minimarket dan wawancara kepada pembeli di minimarket.

Koordinator pegiat GBWT, Idris Maulana Zamri, SE, Ak, CA, mencontohkan dalam 7 hari kerja uang yang masuk per minggu mencapai Rp.40 juta hanya dari satu minimarket di satu desa. “Dalam satu bulan uang warga di Sukaraya yang masuk ke minimarket itu sekitar Rp 160 juta," ujar Idris Maulana, ketika ditemui selesai meninjau Usaha Makanan Siap Saji “Dapur Umy” yang mengikuti Program Pemberdayaan Masyarakat Masjid Baiturrahman di Cikarang.

Pihaknya juga membandingkan pemasukan uang ke minimarket pada momen Ramadan dan saat Lebaran Idul Fitri 2017. Ia merinci, uang warga masuk ke satu minimarket di desa itu pada puasa selama 20 hari sekitar Rp 200 juta dan pada akhir pekan sebesar Rp 20 juta. “Pemasukan uang warga ke minimarket pada momen menjelang lebaran atau selama bulan Ramadhan saja, angkanya senilai Rp 220 juta. Itu di satu minimarket di satu desa, bagaimana jika di satu kabupaten," ujar Idris.

Ia mengaku kaget setelah merinci data perkiraan uang warga yang masuk ke satu minimarket. “Karena angkanya fantastis, kami serukan pada masyarakat Desa Sukaraya, khususnya jamaah Masjid Baiturrahman dan anggota Majelis Taklim Baiturrahman agar mengurangi keinginan berbelanja di minimarket," ujarnya.

Guna mendorong perekonomian rakyat, pegiat GBWT menyerukan warga berbelanja di warung-warung warga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Di Desa Sukaraya saat ini diperoleh data sementara terdapat 30 warung dari skala kecil hingga besar.

"Anda bisa bayangkan jika angka ratusan juta hingga miliaran rupiah itu dibelanjakan ke warung-warung rakyat di setiap desa, maka pertumbuhan ekonomi desa akan terbangun dengan sendirinya," kata dia.

Guna mendorong semangat masyarakat untuk berbelanja di warung tetangga, DKM Masjid Baiturrahman juga meluncurkan Gerakan SEDEKAH VOUCHER Belanja untuk Yatim, Santri dan Jamaah yang kurang mampu.

Dalam kaitan itu, DKM Masjid Baiturrahman mengajak Kaum Muslimin dan Muslimat untuk berpartisipasi dalam kegiatan Pemberdayaan Masyarakat ini. Bagi Ikhwan yang ingin Berinfaq, Sedekah dan Menyumbang dapat mengirim melalui: 

Rekening No : 0537.01.000158.56.3
an : Dewan Kemakmuran Masjid Baiturrahman  Bank BRI KCP Cikarang.

“Semoga Allah memberi kemudahan dan keberkahan serta imbalan yang lebih baik dan berlipat ganda,” do’a Idris Maulana mengakhiri wawancaranya.

# SNet - AZ / Jenius

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius