Kita Perlu Menyepi Untuk Menata Diri


KotaBatu.SNet- Mungkin tidak banyak diantara kita yang MENYADARI bahwa mereka hidup sudah bagaikan mesin-mesin otomatis yang telah diprogram untuk melaksanakan suatu perintah. Mereka hidup dengan mobilitas yang tinggi. Bahkan kadang bertindak tanpa berfikir mendalam, karena sudah terbiasa. Tak obahnya bagaikan ROBOT yang bernyawa.

Akhirnya mereka tenggelam dalam hiruk pikuk dunia, yang tanpa sadar sering mengabaikan berbagai problematika yang berseliweran disekitarnya. Bahkan, mereka pun sering pula menjadi pelaku berbagai problematika tersebut, sehingga tanpa sadar pula kurang dapat melihat problematika itu sendiri.

Kehidupan yang serba dinamis dan cepat menuntut manusia untuk bergerak cepat pula, karena jika tidak ia akan tertinggal. Ia akan tersisih. Sehingga mereka harus mengikuti irama kehidupan yang serba mobile dan dinamis, akhirnya hanya bagaikan mesin yang mengikuti perintah sang programmer. Jarang sekali ia dapat menyendiri untuk MENYEPI agar bisa berkontemplatif, merenungi berbagai hal yang perlu direnungi.

Padahal MENYEPI itu penting, supaya kita benar-benar bisa mendengar apa kata suara hati nurani kita. Sehingga akhirnya kita bisa mendengar SUARA ALLAH. Pasalnya, sulit mendengar suara Allah ditengah keramaian. Saat kita memasuki kondisi diam atau MUTHMAINAH, kita bukan sedang berusaha menghilangkan kemampuan untuk mendengar, tetapi justru berusaha meningkatkan kemampuan mendengarkankan suara yang lebih halus, suara tanpa bunyi.

Karena itu setelah seratus hari disibukkan dengan pekerjaan yang menumpuk, kita menyepi di tempat yang tenang. Kita perlu menata hati, merelaksasi jiwa dan pikiran. Nah, Tempat yang sepi memang bisa membawa suasana damai, dan dengan demikian kita bisa merasa lebih dekat dengan alam disekitar kita. Lingkungan yang sepi dan tenteram memang membantu ibadah kita, baik itu untuk mempelajari firman Allah, berdoa ataupun TAFAKUR merenungkan kebesaran-Nya.

# SNet - Red / AZ

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius