Peduli Pelestarian Budaya, Bupati Solsel di Undang Jadi Nara Sumber Bersama Gubernur Jabar dan Dubes RI Untuk Unesco


Solses(Sumbar).SNet- Kepedulian yang tidak kenal lelah Bupati dan Wakil Bupati Solsel terhadap usaha-usaha pelestarian budaya, khususnya pelestarian rumah-rumah adat, ternyata menarik perhatian Badan Pelestari Pusaka Indonesia (BPPI)/ Indonesia Heritage Trust untuk mengundang khusus Pemkab Solsel dalam salah satu kegiatannya.

Bupati Solsel, H. Muzni Zakaria diundang oleh BPPI untuk menjadi salah seorang narasumber Temu Wicara Pelestarian Pusaka pada Temu Pusaka Indonesia (TPI) 2018 yang akan digelar di Semarang, 20-23 September 2018 nanti

Kegiatan tersebut merupakan kerjasama Badan Pelestari Pusaka Indonesia bersama dengan mitra Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jawa Tengah, Oen’s Semarang Foundation, Monod, Tekodeko serta lembaga lainnya.

Direncanakan ada empat bagian utama kegiatan yang akan dilaksanakan, yakni Temu Mitra Pelestarian Pusaka, Temu Wicara, Temu Anggota BPPI, serta Jelajah Pusaka. Bupati Solsel sendiri dijadwalkan menjadi narasumber pada kegiatan temu wicara pelestarian pusaka pada Sabtu, 22/9/18.

Bupati Solsel akan tampil menjadi narasumber pada kegiatan tersebut bersama dengan Duta Besar/Deputi Wakil Tetap RI untuk Unesco dan Gubernur Jawa Barat. Kegiatan tersebut akan diisi dengan dialog antara para pemangku kebijakan terkait pelestarian baik di tingkat nasional maupun daerah, serta para praktisi kegiatan pelestarian pusaka menuju penguatan kota pusaka dan desa pusaka untuk peningkatan kesejahteraan masyarakatnya.

Disamping menjadi narasumber, dalam kesempatan forum pertemuan para pemerhati pusaka se-Indonesia tersebut juga akan ditampilkan video singkat tentang Nagari Saribu Rumah Gadang. Sebuah nagari/desa dengan 130-an Rumah Gadang (Rumah Adat Minang) yang akan direvitalisasi oleh Kementrian PUPR (APBN) dalam waktu dekat dengan perkiraan anggaran mencapai Rp. 110 Milyar.

Kegiatan Temu Pusaka Indonesia sendiri dijadwalkan akan dibuka dan dihadiri oleh Mentri PUPR Basuki Hadimoeljono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, serta Hashim Djojohadikusomo selaku pembina BPPI.

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius