Silaturahmi, Sosialisasi, Membangun Sinergi Untuk Kemajuan Bersama



Jakarta.SNet- Ada tiga kata BERTUAH yang sering kita sebut sehari-hari. Tapi nampaknya masih banyak orang yang belum tahu betapa luar biasanya TUAH kata itu. Padahal, tiga kata itu mengandung KEKUATAN LUAR BIASA yang dapat MENGUBAH kehidupan manusia secara SIGNIFIKAN. Ketiga kata itu adalah Silaturahmi, Sosialisasi dan Sinergi.

SILATURAHMI adalah satu cara untuk membina hubungan baik antara sesama umat manusia adalah. Menjalin silaturahmi dengan dengan keluarga, teman, kerabat, tetangga dan orang orang di sekitar merupakan bentuk kasih sayang dan kepedulian dengan sesama.

Namun sayangnya, karena jarak yang mungkin jauh membentang, kesibukan pun menjadi salah satu sebab tidak terbangunnya silaturahmi dengan baik.

Sedangkan sosialisasi, secara sederhana dapat dipahami sebagai proses internalisasi nilai dan orma sosial ke dalam individu. Sosialisasi merupakan bagian inti dari proses interaksi sosial. Sebagai makhluk sosial, kita senantiasa berinteraksi dengan manusia lainnya. Dalam proses interaksi, terjadi sosialisasi.

Melalui sosialisasi, seseorang bisa bersilaturahmi dan menjalin komunikasi. Sehingga hidupnya ceria dan bahagia. Karena itu, kurang sosialisasi amat berbahaya bagi seseorang. Penelitian terbaru menyebutkan, jika kesepian tak hanya berbahaya bagi mental seseorang tapi juga fisik. Orang yang kesepian lebih lemah dan rentan terserang penyakit.

Dengan demikian, silaturahmi dan sosialisasi  sangat penting dalam kehidupan sosial manusia. Bahkan, seiring dengan itu, Silaturahmi dan sosialisasi juga penting dalam dunia DAKWAH, POLITIK dan EKONOMI. Karena itu, dalam upaya kita membangun sinergi, maka silaturahmi dan sosialisasi adalah langkah yang penting, perlu dan SIGNIFIKAN. Tanpa keduanya itu jangan harap kita bisa membangun Sinergi dengan sesama pejuang Allah, kelompok, perusahaan, organisasi maupun partai politik.

SINERGI adalah Membangun dan memastikan hubungan kerjasama yang produktif serta kemitraan yang harmonis dengan para pemangku kepentingan, untuk menghasilkan karya yang bermanfaat dan berkualitas. Sinergi adalah saling mengisi dan melengkapi perbedaan untuk mencapai Hasil Lebih Besar daripada Jumlah bagian per bagian.

Sehingga Melalui Sinergi, kerjasama dari Paradigma (Pola Pikir) yang berbeda akan mewujudkan hasil Lebih Besar dan Efektif sehubungan Proses yang dijalani menunjukkan Tujuan yang Sama dan Kesepakatan demi Hasil Positif.

Mungkin kita tidak bisa bersatu karena perbedaan bidang usaha, berbeda pandangan politik, berlainan latar belakang pendidikan dan budaya, ataupun tidak menganut agama yang yang sama, tapi kita bisa BERSINERGI untuk mencapai TUJUAN bersama. Yakni MEMBELA kaum Tertindas, MENYANTUNI Yatim dan Dhu’afa serta MEMBERDAYAKAN Masyarakat MARJINAL yang TERPINGGIRKAN. Semoga.

# SNet - Red / AZ - Jenius

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius