Presiden Joko Widodo Terima Kunjungan Menteri Luar Negeri Palestina


Jakarta.SNet- Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Palestina Riyad Al-Maliki di Istana Merdeka Jakarta,  Senin (15/10). Sebagaimana diketahui, sebelumnya duta besar (Dubes) Palestina untuk Indonesia pernah menyampaikan harapannya Indonesia memiliki kedutaan tersendiri di Palestina.

Meski memiliki hubungan diplomatik, kantor Kedutaan Indonesia untuk Palestina sampai saat ini masih merangkap bersama KBRI Yordania yang berkedudukan di Amman.

Pemerintah Indonesia masih belum bisa membuka kantor perwakilan diplomatik yang berkedudukan di Palestina, baik itu di ibu kota administratif saat ini Ramallah apalagi di Yerusalem.

Siang ini, Presiden Jokowi dan Menlu Palestina melakukan perbincangan di beranda belakang Istana Merdeka Jakarta.
Hal itu karena status Palestina yang belum merdeka secara utuh. Ditambah lagi, persoalan diplomatik serta konflik Israel-Palestina yang masih belum terselesaikan.

Turki pada akhir tahun 2017, pernah menyatakan akan membuka kedutaan di Yerusalem Timur sebagai bentuk dukungannya terhadap Palestina.

Beberapa bulan lalu, Presiden Turki Reccep Tayip  Erdogan sampaikan dengan izin Tuhan, akan tiba secara resmi, kita akan membuka kantor kedutaan di Yerusalem Timur.

Disamping itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ungkapkan bahwa sikap Indonesia untuk selalu berada di garda terdepan mendukung Palestina.

Sebagai bentuk dukungan Indonesia untuk Palestina, digelar minggu solidaritas untuk Palestina yang telah dimulai di Bandung dengan meresmikan Palestinian Walk.
Indonesia merupakan salah satu negara yang konsisten mendukung kemerdekaan Palestina dari kekuasaan Israel.

Kita semua bersatu sebagai satu Indonesia untuk mendukung kemerdekaan Palestina dan perjuangan rakyat Palestina. Sekali lagi kita bersatu, satu Indonesia untuk Palestina, terang Menlu Retno.

# SNet - Red/DA

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius