Rescue Perindo : Masyarakat Harus Dibekali Petunjuk Emergency Bencana


Jakarta.SNet- Rescue Perindo mendesak pemerintah daerah (pemda) untuk membekali masyarakat dengan pengetahuan tentang potensi datangnya bencana alam. Banyaknya korban bencana gempa bumi dan tsunami di Palu serta Donggala, Sulawesi Tengah dinilai karena kurangnya masyarakat mendapatkan petunjuk emergency tanggap darurat bencana.

“Selama beberapa kali ke Palu, saya tidak pernah melihat petunjuk arah dan jalan untuk emergency terjadi tsunami,” kata Ketua Umum DPP Rescue Perindo Adin Denny saat dikonfirmasi, Rabu (3/10/2018).

Adin mengatakan, pemda yang wilayahnya berpotensi terjadi gempa bumi dan tsunami seharusnya mengetahui kondisi wilayah dengan menyediakan petunjuk arah dan tempat yang harus dituju oleh masyarakat. Artinya, ketika bencana itu datang masyarakat dapat mengikuti petunjuk untuk menyelamatkan diri tanpa didera kepanikan.

Dia mencontohkan di Sumatera Barat. Menurutnya, pemda aktif menyediakan petunjuk tanggap darurat bencana kepada masyarakat. Tujuannya agar masyarakat paham apa yang harus dilakukan ketika bencana seperti gempa dan tsunami datang tiba-tiba.

“Biasanya pemerintah daerah seperti di Sumbar terutama Kota Padang sudah memberikan petunjuk atau arah untuk menuju penyelamatan apabila terjadi tsunami. Di setiap jalan sampai ke gang kecil ada petunjuk arah apabila terjadi tsunami,” ucap Adin.

Kendati demikian, dia meminta masyarakat Indonesia di mana pun berada untuk tetap siaga mengantisipasi potensi datangnya bencana alam setelah peristiwa gempa bumi dan tsunami di Sulteng serta gempa bumi di Nusa Tenggara Barat.

Dia menekankan, dalam menghadapi bencana gempa ataupun tsunami masyarakat tidak perlu panik dan mengikuti arahan dari pemda setempat.

Adin juga mengajak masyarakat untuk tetap berserah diri karena bencana apapun tidak akan terjadi tanpa kehendak Tuhan Yang Maha Esa.

“Kalau bencana ini tidak bisa kita tolak dan datangnya sulit bisa diprediksi dengan tepat. Selain antisipasi, hal yang paling penting adalah mendekatkan diri ke Tuhan. Bencana apa pun semua atas seizin Tuhan Yang Maha Esa,” tutur Adin.

# SNet - Red / iNews.id

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius