Berbekal Segudang Pendidikan dan Pengalaman, Freesca Syafitri Mantapkan Langkah Menuju Parlemen


Padang(Sumbar).SNet- Freesca Syafitri adalah seorang perempuan tangguh, pintar dan berintegritas sudah melanglang buana selama 14 tahun bertarung hidup di luar negeri antara lain di Jerman, Perancis dan Belanda, namun tak membuatnya melupakan kampung halaman yakni Sumatera Barat.

Caleg perempuan untuk DPR RI dari Partai Demokrat nomor urut 8 Dapil Sumbar 1 ini berasal dari Nagari Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan dan lahir di Kota Padang, ia sangat menginginkan sekali Provinsi Sumbar lebih maju dan berkembang lagi dalam era globalisasi.

"Saya ingin Provinsi Sumbar ini lebih maju dan berkembang lagi didalam era globalisasi, karena banyak sekali potensi yang akan digali", sebut Freesca.


Berikut Riwayat Pendidikan Freesca Syafitri

Perempuan Minang yang memilik segudang ilmu ini menghabiskan masa SMA di Jogyakarta. "Saya SMA di Jogyakarta, setelah tamat SMA saya pun kembali lagi ke Padang untuk kuliah di Universitas Bung Hatta Fakultas Ekonomi", ujarnya.

Freesca mengatakan, "waktu dibangku kuliah saya ikut pertukaran mahasiswa ke Belanda, setelah tamat saya ditawarkan bekerja sebagai Perwakilan Indonesia di salah satu perusahaan disana", katanya.

Bagi Freesca pendidikan adalah suatu keharusan, karena pendidikan adalah harta paling berharga dibanding uang. Berkat kepintaran dan kepiawaian yang di milikinya, iapun diundang dan disarankan oleh salah seorang professor dari Jerman untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2.


"Saya juga aktif diorganisasi Diapora di luar negeri. Diaporalah yang menyarankan kepada saya bahwa sekarang ini sudah saatnya para perantau kembali pulang ke Ranah Minang untuk memberikan kontribusi terutama dalam kesiapan menghadapi gelombang globalisasi dunia", kata perempuan tangguh dan pekerja keras ini lagi.

Setelah menamatkan pendidikan master of economy di Univesity of Applied Science Hildesheim, Freesca melanjutkan study ke University of Applied Science Goettingen Germany, merupakan salah satu universitas terbaik yang ada di Jerman yang banyak menghasil para pemenang nobel preis di berbagai bidang ilmu.

Freesca menyebut, "selama menimba ilmu di Jerman saya pun bekerja sebagai researcher/peneliti dibeberapa perusahan multinasional German seperti Blaupunkt, Bosch dan perusahaan automotive TRW", sebutnya.


Perempuan minang yang satu ini memiliki berbagai skill/keilmuan, menguasai banyak bahasa dan sangat fasih seperti bahasa Inggris, German (Deutch), Belanda (Dutch) dan sedikit Perancis, namun Freesca selalu membawa akar budaya minang dan Indonesia ke dunia International.

Pengalaman Kerja dan Organisasi Freesca Syafitri

Dengan kelebihan yang dimilikinya ini, Freesca mempunyai segudang pengalaman kerja antara lain di project Uni Eropa untuk Indonesia sebagai project koordinator, Advisor/Penasehat Ekonomi untuk organisasi presitiuos di Paris, OECD (Organisasation for Economic Development and Cooperation) yakni organisasi yang didirikan oleh John F. Kennedy. Merupakan organisasi kumpulan para akademisi, think tank, ahli hukum, ahli politik dan birokrat dari negara - negara maju. Ada sebanyak 36 negara anggotanya antara lain Jerman, Kanada, UK, Australia, Amerika, Turki dan yang lainnya.

Freesca menjelaskan, "sebelum aktif bekerja di OECD, saya juga pernah aktif bekerja di DAAD dan EKONID (Kamar Dagang Indonesia German). Selain pengalaman professional sebagai ekonom itu saya juga di percaya saat ini sebagai Wakil Ketua  Dewan Bisnis Indonesia - Maroko, Chairman of Women Leadership International Network (WLIN) untuk wilayah Sumatera. WLIN berpusat di Vietnam merupakan Anggota Dewan Penasehat untuk Organisasi Mahasiswa Asing di Jerman yaitu STUBE".


Fressca juga aktif organisasi Ikatan Alumni Jerman dan terakhir ia dipercayai sebagai tenaga ahli di DPR RI sejak 2009.

"Selama menjadi tenaga ahli di DPR RI, saya banyak mendapatkan pengalaman yang berharga. Apalagi keterwakilan perempuan di parlemen cukup sedikit. Saya menilai bahwa masih banyak hak - hak perempuan yang belum tersampaikan dan terselesaikan", jelas Freesca lagi.

Founder of Women for Harmony Institute yang berfokus terhadap pemberdayaan perempuan baik hard skills maupun soft skills dan perlindungan hak -hak perempuan ini bertekad maju mencalonkan diri sebagai wakil rakyat untuk DPR RI dalam pesta demokrasi pada Pemilu 29 April 2019 mendatang. Freesca maju dari daerah pemilihan Sumbar 1 dari Partai Demokrat.


Berikut Visi dan Misi Freesca Syafitri Maju Sebagai Caleg DPR RI Dapil Sumbar 1 Dari Partai Demokrat :

1. Akan meningkatkan peranan perempuan Sumatera Barat dalam memperkuat perekonomian wilayah melalui UMKM dan ekonomi kreatif.

2. Meningkatkan dan menguatkan sistem pendidikan vokasi Sumatera Barat.

3. Meningkatkan daya saing dan penguatan pariwisata Sumatera Barat

4. Akan mewujudkan pengelolaan lingkungan dan sumber daya alam yg terintegrasi untuk pembangunan berkelanjutan.

# SNet - AdF

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius