Riwayat Hidup Rica Denis, S.Si., M.Si Dari Kabupaten Kepahiang Menuju Provinsi Bengkulu


Kapahiang(Bengkulu).SNet- 

RIWAYAT HIDUP
Nama : Rica Denis, S.Si., M.Si

TT Lahir : Pulogeto, 25 April 1985

Agama : Islam

Pekerjaan : Anggota DPRD Kabupaten Kepahiang periode 2014-2019

Nama Suami : Karmolis, ST (Kholis dari Desa Kelobak)

Nama Anak : Sultan Ahmad Merigi (6 tahun), Sunan Ahmad Merigi (2 tahun)

Pendidikan : S1 Biologi Universitas Sriwijaya, S2 PSL Universitas Bengkulu, S3 PSL Institut Pertanian Bogor

Penghargaan : 1. Juara Olimpiade Biologi (2000), Juara Olimpiade Kimia (2002), Siswa Teladan (2002), Lulusan Terbaik Universitas Sriwijaya IP: 3,85 (2007), Lulusan Terbaik Universitas Bengkulu IP: 3,90 (2011)

Nama Orang Tua : H. Zaidin Burhani (H. Din)/Hj. Upik Susila(Desa Kelobak) dan Sofian Sohar/Mari’ah (Pulogeto)

Alamat : Perumahan Vila Kroya Indah, Taba Tebelet, Kepahiang


RICA DENIS, S.Si., M.Si. lahir di Desa Pulogeto, 25 April 1985 dari pasangan Sofian Sohar ( Desa Lubuk Penyamun Merigi) dan Mari’a (Desa Pulogego, Merigi). Saat ini aktif Anggota DPRD Kabupaten Kepahiang Periode 2014-2019 dengan jabatan sebagai Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) mewakili Daerah Pemilihan Kecamatan Kepahiang dan juga masih aktif mengajar di Akademi Analis Kesehatan HB di Kota Bengkulu dengan spesifikasi keahlian di bidang bakteriologi dan lingkungan. Sebelumnya juga bekerja menjadi Kepala Bagian Umum dan Keuangan Akademi Analis Kesehatan HB Bengkulu mulai tahun 2007 namun kecintaannya pada keluarga dan ingin berkonsentrasi mengurus anak akhirnya mundur dari jabatannya pada tahun 2011.

Pendidikan formal diawali dari SD Negeri 02 Centre Curup tamat tahun 1997, SLTP Negeri 1 Curup tamat tahun 2000, SMU Negeri 1 Curup tamat tahun 2003, S1 Universitas Sriwijaya Palembang tamat tahun 2007, S2 Universitas Bengkulu tamat tahun 2011 dan saat ini dalam proses desertasi studi S3 Institut Pertanian Bogor dengan jurusan Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan.

Pendidikan nonformal diantaranya Kursus Komputer tahun 2002, Kursus Bahasa Inggris tahun 2001 dan 2002, Pelatihan Analisis Data tahun 2007, Pelatihan Penyusunan Buku Ajar tahun 2009, Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah tahun 2009, Pelatihan Metodologi Penelitian tahun 2009, Workshop Pemantapan Mutu Laboratorium tahun 2010 dan Orientasi Fungsionaris Partai Golkar tahun 2012.

Walaupun dibesarkan oleh keluarga petani yang kurang mampu, bakat akademisnya mulai terlihat sejak SD yang saat itu masih dilakukan dari kebun orang tuanya. Saat itu untuk pergi ke SD harus ditempuh dari kebun yang setiap hari diantar oleh orang tuanya. Walaupun kondisi yang serba terbatas sejak SD beliau sudah mendapat peringkat 1, bahkan di SMP dan SMA selalu mendapat predikat juara umum disekolahnya. Tahun 2000 juara olimpiade biologi tingkat SMP dan tahun 2002 juara olimpiade kimia tingkat SMA, sehingga menjadi siswa teladan tingkat SMA se Kabupaten Rejang Lebong tahun 2002. Kemudian dibangku kuliah tahun 2007 sebagai lulusan Sarjana S1 terbaik dan tercepat Fakultas MIPA Jurusan Biologi Universitas Sriwijaya Palembang dengan IP 3,85 dan Lulusan Terbaik dan tercepat Sarjana S2 bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan di Universitas Bengkulu dengan IP 3,9 tahun 2011.

Rasa kecintaanya kepada tanah kelahiran Kabupaten Kepahiang, menuntunnya untuk mengabdikan kemampuan yang dimilikinya untuk ikut membangun Kabupaten Kepahiang dengan segala kemampuan dan potensi yang dimilikinya. Dunia politik bukanlah hal yang asing dan baru baginya karena suaminya KARMOLIS, ST. yang juga putra daerah Kepahiang kelahiran Desa Kelobak bekerja sebagai PNS Pemkab Kepahiang dan pernah menjabat Direktur PDAM Kepahiang, selalu memberikan bekal untuk berbuat yang tebaik untuk Kabupaten Kepahiang. Karmolis, ST. juga sebagai mantan aktivis di Universirsitas Gadjah Mada Yogyakarta aktif di berbagai organisasi masyarakat dan kepemudaan dan pada tahun 1998 ikut memperjuangkan reformasi Indonesia di Yogyakarta. Sehingga dalam keluarga pun sudah terbentuk dan terbangun jiwa pengabdian untuk membangun Kepahiang.

Guru politik dan organisasi yang menjadi panutannya adalah Proklamator Ir. Sukarno, Prof. Dr-ing. BJ. Habibie, Robert Greene, Sun-tzu, Jusuf Kalla, Drs. Bando Amin C. Kader, MM (Bupati Kepahiang), Bambang Sugianto, SH., MH. (Wakil Bupati Kepahiang) dan suaminya Karmolis, ST. Dibidang organisasi, wanita yang selalu berusaha berbuat yang terbaik ini aktif sejak bangku SMP sebagai Sekretaris Umum OSIS, anggota Palang Merah Remaja dan di SMA sebagai pengurus OSIS dan aktif dalam Kegiatan Karya Ilmiah Ramaja. Dibangku kuliah sebagai pengurus Himpunan Mahasiswa Biologi Universitas Sriwijaya Palembang, aktif di organisasi pengajian dan menjadi Asisten Dosen untuk beberapa mata kuliah di kampusnya. Saat ini, Rica Denis, S.Si., M.Si. juga aktif di Organisasi Dharma Wanitia Persatuan Kab. Kepahiang dan sejak tahun 2014 aktif di Organisasi Kaukus Perempuan PolitikPerempuan Indoneisa (KPPI) hingga tahun 2018 menjadi sekretaris KPPI Kabupaten Kepahiang. Selain itu juga aktif untuk menjadi pengurus DPD Partai Golkar Kabupaten Kepahiang dengan jabatan terakhir sebagai Bendahara.

Wanita yang mempunyai hobi membaca dan jalan-jalan ini mempunyai cita-cita untuk mengabdikan dirinya bagi Bangsa dan Negara dan berguna untuk masyarakat di tanah kelahirannya. Saat ini Rica Denis, S.Si., M.Si. dan keluarga menetap di Perum Villa Kroya Indah, Desa Taba Tebelet Kec. Kepahiang, Kab. Kepahiang. Sehingga ingin melanjutkan perjuangannya di tingkat Propinsi Bengkulu dengan mencalonkan diri menjadi DPRD Propinsi Bengkulu di daerah pemilihan V (Kabupaten Kepahiang). Perlu ada perwakilan gender (perempuan) dan anak muda untuk memberikan energi positif di DPRD Propinsi Bengkulu, sehingga harapannya kedepan dapat membanggakan dan memperjuangkan aspirasi masyarakat di DPRD Kab. Kepahiang.

Dengan moto PENGABDIANKU UNTUK KEPAHIANGKU dan dibekali dengan pendidikan, pengalaman dalam organisasi serta pengalaman pekerjaan yang sudah dilakukan, INSYA ALLAH akan berbuat yang tebaik untuk memajukan dan mensejahterakan Kepahiang ke depan.

# SNet - Red

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius