7 Manfaat Zikir Untuk Kesehatan Fisik Dan Mental


Jakarta.SNet- Sekilas terlihat sederhana, duduk diam, tidak melakukan apa pun, dan tidak mencemaskan apa pun, hanya mengatur nafas dan hati menyebut-nyebut Nama-Nya. ZIKRULLAH ternyata mempengaruhi kesehatan tubuh secara Luar Biasa dan menyeluruh, baik itu fisik dan juga mental. ZIKIR adalah IBADAH untuk menciptakan ketenangan pikiran dan tubuh yang rileks.

Tubuh merespons stres dengan melepaskan hormon epinefrin (adrenalin) dan norepinefrin yang menyebabkan detak jantung, aliran darah, dan tekanan darah meningkat.

Zikir dapat menurunkan detak jantung kembali. Selain itu, zikir juga dapat mengatur aliran dan tekanan darah menjadi normal. Saat berzikir, Anda turut berlatih mengesampingkan berbagai pikiran negatif, yang bisa menyebabkan datangnya stres. Hal ini membuat pikiran menjadi lebih tenang dari sebelumnya.

Di samping itu, zikir juga efektif dalam mengaktifkan gelombang gamma di otak yang berperan dalam proses belajar, konsentrasi, ingatan, dan kesadaran. Oleh sebab itu, zikir dipercaya mampu menghasilkan emosi positif berupa kebahagiaan.

Berikut ini beberapa manfaat ZIKIR yang dilakukan dengan teratur dan penuh PENGHAYATAN serta PASRAH DIRI pada Allah SWT :

1. Melancarkan Pencernaan. Zikir bisa membuat pencernaan menjadi lancar. Zikir bisa membuat kondisi perut menjadi tenang seperti mengkonsumsi manfaat buah-buahan yang mengandung serat, begitu pula dengan organ-organ yang ada di dalamnya. Dengan melakukan zikir gangguan pencernaan bisa teratasi karena proses penyerapan makanan dalam perut yang tenang berjalan secara optimal.

2. Menghindarkan Insomnia. Orang yang terbiasa dengan zikir akan membuatnya terhindar dari insomnia. Hal itu dikarenakan manfaat zikir sebelum tidur dibutuhkan pikiran yang tenang dan nyaman agar bisa tidur nyenyak. Orang yang terbiasa zikir mudah dalam melakukan hal tersebut.

3. Mengatasi Hipertensi. Selama ini, mungkin hanya mengetahui manfaat sayur-sayuran yang dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Namun salah satu penelitian yang dilakukan Rumah Sehat Al-Hikmah, menemukan fakta bahwa dengan zikir akan membuat tubuh seseorang kurang merespons terhadap hormon penyebab stress. Kurangnya merespon terhadap hormon penyebab stress, orang tidak akan mudah stress dan marah. Orang kalem dan tidak suka marah bisa memiliki tekanan darah normal.

4. Bantu melawan kecanduan. Sikap disiplin yang diterapkan saat meditasi dapat membantu orang yang memiliki kecanduan. Berdasarkan pengalaman selama 25 tahun di Rumah Sehat Al-Hikmah orang pecandu narkoba dapat mengendalikan keinginan mereka untuk mengkonsumsi narkoba setelah melakukan ZIKIR. Ini menunjukkan bahwa zikir membantu pecandu untuk belajar mengalihkan perhatian saat ada dorongan untuk memenuhi candunya.

5. Mengurangi Stess dan Melawan Depresi. Stres bisa terjadi kapan saja. Saat stres muncul, kadar hormon kortisol di dalam tubuh akan meningkat dan tubuh akan melepaskan bahan kimia perangsang peradangan yang disebut sitokin. Sitokin yang diproduksi tubuh ini bisa mengganggu tidur, meningkatkan tekanan darah, membuat depresi dan cemas seiring waktu. Akibatnya, seseorang jadi lebih rentan terkena berbagai penyakit.

Untungnya, kondisi ini bisa diatasi dengan zikir. Stres jangka panjang tanpa perawatan bisa berakhir dengan depresi. Zikir memberikan ketenangan dan kenyaman sehingga dijadikan terapi untuk melawan depresi.

6. Memberikan Perasaan Bahagia. Zikir isa membuat seseorang merasa bahagia, hal itu dikarenakan saat zikir orang tidak akan berfikiran negatif dan berfikiran yang aneh-aneh. Pikiran hanya dipusatkan pada satu cita saja, yakni Allah SWT sebagai Sumber Kebahagiaan.

7. Melatih Sikap Bijaksana. Zikir bisa membuat seseorang terlatih untuk memiliki sikap bijaksana. Orang-orang yang melakukan zikir, akan mendapat Hidayah dan PENCERAHAN BATIN dari Allah SWT. Sehingga batinnya akan terbuka menerima PETUNJUK Allah, bagaimana memandang sesuatu yang ada di dunia ini secara hakikat bukan hanya pada yang tampak oleh mata saja.

Semoga Anda bisa Merasakan Nikmat dan Manfaat Zikir. Bacalah Best Seller Al-Hikmah “RAHASIA ENERGI ZIKIR” sebagai pedoman Anda dalam melaksanakan Zikir pada Allah. Semoga Kalimah Zikir menjadi koleksi dari permohonan paling otentik yang dapat Anda ucapkan dalam rutinitas dan acara sehari-hari Anda.

Jika Anda Butuh Bimbingan Zikir atau Konsultasi Spiritual, Bisnis dan Politik. Silakan hubungi kami segera.

“SPIRITUAL BUSINESS COLSULTANT”

Alamat : Pejaten Office Park Blok J, Warung Buncit Raya No.79 Pejaten Barat, RT.1/RW.7, Jakarta Selatan.

Pembimbing:
1. Kyai Ageng Khalifatullah Malikaz Zaman
2. KGPH Eko Gunarto Putro, MM
3. KH Yus Darniyus, S.Ag
4. Ustadz Idris Maulana Zamri SE, Ak, CA
5. Mbah Jamal Alhikmah
6. Suhu Rosi Wibawa, S.KOM
7. Ustadz Harun Zen, S.Ag

Direktur,

Erdian Widodo Drajad, ST
HP : 0813-8899-4677


# SNet - AZ/Jenius

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius