Inilah 10 Makanan Dan Minuman Yang Bisa Merusak Gigi


SNet- Kesehatan gigi dan mulut semakin penting dan sebagian dari warga Australia ternyata hanya menggosok gigi sekali dalam sehari.

Dalam sebuah laporan terbaru berjudul Pelacak Kesehatan Mulut (Oral Health Tracker) yang baru pertama kalinya dilakukan di Australia disebutkan bahwa hanya separuh dari seluruh warga Australia yang menggosok gigi dua kali sehari.

Juga 90 persen orang dewasa memiliki beberapa bentuk kerusakan gigi, dan lebih dari sepertiga anak usia lima tahun mengalami pembusukan pada gigi bayinya.

Konsumsi alkohol, kebiasaan merokok dan pola makan tinggi kandungan gula berkontribusi terhadap kesehatan mulut yang buruk, dengan hampir tiga perempat dari anak-anak itu diketahui mengkonsumsi terlalu banyak gula.

Anda mungkin tahu ada kelemahan gigi saat berhubungan dengan makanan manis, tapi bukan hanya permen yang lembut dikunyah dan minuman ringan bersoda yang merupakan musuh bagi gigi putih Anda.

Dr Peter Alldritt, dokter gigi dan konsultan komite kesehatan mulut dari Asosiasi Dokter Gigi Australia, berbagi makanan yang umum dan beberapa jenis minuman yang banyak dari kita tidak sadar adalah pembuat masalah potensial di bagian perawatan gigi.

Minuman ringan diet

Minuman jenis ini sangat menggoda jika Anda mencari sesuatu yang manis untuk diminum tanpa harus menenggak minuman ringan biasa yang memiliki kandungan gula tinggi.

Tapi sementara tidak ada kandungan gula yang menyebabkan kerusakan gigi, seperti halnya dengan minuman ringan biasa dan bahkan jus buah, minuman ringan diet masih memiliki kadar asam yang tinggi yang dapat mengikis enamel gigi.

Hal ini dapat menyebabkan paparan lapisan gigi bagian dalam, menyebabkan rasa sakit dan kepekaan, dan itu juga dapat menyebabkan gigi berlubang.

Dan jangan menyikat gigi setelah mengkonsumsi minuman jenis ini karena kandungan asamnya bisa melembutkan enamel, sehingga lebih mudah disikat.

Jika Anda harus minum minuman diet, segeralah berkumur dengan air setelahnya untuk membersihkan asam. Anda juga bisa meminumnya dengan menggunakan sedotan untuk meminimalkan kontak dengan gigi Anda.

Keripik kentang
Kenikmatan keripik kentang dimulai dengan kerenyahannya tetapi begitu makanan ini dikunyah, mereka berubah menjadi remahan lembut yang dapat tersangkut dan bertahan lama di celah-celah terkecil di dan di antara gigi Anda.

Terlebih lagi, sementara kita menganggapnya gurih, kebanyakan keripik sebenarnya memiliki kandungan gula yang cukup tinggi kata Dr Alldritt, yang berarti kecenderungan mereka untuk tersangkut di sekitar gigi Anda bahkan bisa mendatangkan masalah yang lebih banyak.

Es
Apakah Anda mendapati di penghujung keasyikan menikmati minuman dingin, anda menemukan es batu yang tersisa didasar wadah minuman anda itu sangat menggoda? Banyak dari kita beranggapan demikian. Tapi sementara mengisap bongkahan es tidak masalah, menggigitnya bukan hal yang baik.

Es begitu keras sehingga menggigitnya bisa dengan mudah membuat lapisan enamel tergerus atau membuat gigi Anda retak.

Jika Anda tidak yakin bisa berhenti mengisap es batu, jangan meletakkannya di dalam mulut Anda di tempat pertama. Habiskan minuman Anda dan jauhkan diri dari godaan itu.

Buah kering
Buah memang makanan yang sehat dan dipenuhi dengan vitamin dan nutrisi lainnya. Tetapi dengan menghisap kelembapannya dan menyisakan Anda produk buah yang lengket dan terdiri dari gula pekat yang dibungkus dengan serat-serat yang membuatnya mudah menempel ke permukaan gigi Anda.

Juga, beberapa buah kering, seperti mangga kering dan craisin (cranberry kering), sering ditambahkan gula ekstra untuk menambahkan kenikmatan.

Makan buah kering secukupnya dan sikat gigi anda dengan baik setelahnya. Tetapi umumnya buah segar adalah pilihan yang lebih baik.


Popcorn dan jagung rebus
Panganan ini terbuat dari biji jagung yang diletupkan, jadi tidak ada yang lebih nikmat dari itu bukan?

Kecuali bila popcorn itu dilapisi dengan taburan gula berwarna atau toffee yang lengket. Kemudian popcorn itu menjadi "bom gula", kata Dr Alldritt.

Popcorn tanpa tambahan gula dalam sudut pandang kesehatan gigi memang bukanlah makanan ringan yang buruk. Namun itu hanya berlaku sepanjang Anda teliti untuk membersihkan gigi anda dengan benang (flossing) untuk mengeluarkan popcorn kecil yang terjepit di antara gigi Anda dan jangan menggigit biji jagung yang tidak meletup, yang bisa menyebabkan retakan dan patah gigi.

Menggigit jagung langsung dari bonggolnya juga harus dilakukan dengan hati-hati jika Anda menggunakan mahkota gigi atau tambalan besar pada gigi depan Anda, karena tekanan yang terfokus pada area ini dapat merusak mahkota atau behel ini. (Anda selalu bisa mengeluarkan biji jagung dari bonggolnya untuk memakannya.).

Minuman olahraga
Minuman olahraga bersama dengan minuman berenergi sangat asam dan banyak memiliki kandungan gula  yang tinggi.

Serangan asam yang bisa mengikis lapisan enamel pada gigi umumnya berlangsung sekitar 20 menit. Setiap kali Anda menyesap minuman itu, kerusakan asam dimulai lagi.

Ingatlah juga bahwa kecuali Anda memiliki latihan yang cukup panjang dan intens, Anda mungkin tidak memerlukan tambahan bahan bakar dan elektrolit yang disediakan minuman olahraga.

Batangan muesli
Mereka memang terlihat sehat dengan kandungan kacang, biji-bijian dan gandum didalamnya. Tapi zat yang menyatukan dengan kokoh semua kandungan itu menjadi batangan muesli umumnya adalah gula, kata Dr Alldritt.

Gula tersebut membuat setiap gigitan menjadi lengket, dan itu akan menggantung di sekitar alur gigi Anda dalam waktu lama.

Minuman anggur
Anggur - terutama anggur yang berkilau dan anggur putih - mengandung asam yang erosif, yang dapat melunakkan lapisan enamel yang keras pada gigi.

Asam ini juga bisa membuat gigi lebih rentan terhadap noda di gigi, yang bisa menjadi masalah bagi mereka yang menikmati anggur merah bersama dengan makanan dan minuman mengandung zat pewarna lainnya seperti kari, kopi dan teh.

Alkohol, secara umum, menyebabkan dehidrasi, yang berarti mulut Anda akan memiliki lebih sedikit air liur yang melindungi gigi Anda dari pembusukan.

Perlu dicatat bahwa konsumsi alkohol berat adalah faktor risiko untuk kanker mulut.

Yoghurt rendah lemak
Kita cenderung berpikir bahwa makanan olahan dari susu baik untuk gigi kita, tetapi jenis makanan olahan susu rendah lemak sering mengandung banyak gula tambahan.

"Satu-satunya cara mereka bisa membuat yoghurt lezat dengan begitu banyak lemak yang diambil daripadanya adalah dengan menaikkan kadar gula," kata Dr Alldritt.

"Seringkali jumlah [gula] yang mereka tambahkan sangat luar biasa. Hasilnya adalah produk yang merupakan bencana bagi gigi."

Beberapa yoghurt rendah lemak memiliki sedikit gula daripada yang lain, jadi periksa labelnya. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk memilih yoghurt alami dan menambahkan buah segar untuk sedikit rasa manis.

Air kemasan
Air kemasan sangat populer. Tapi ketika sampai ke gigi Anda, air yang keluar dari keran Anda hampir pasti menjadi pilihan yang lebih baik.

Faktanya, Asosiasi Dokter Gigit Australia mengatakan bahwa air keran harus menjadi minuman pilihan utama bagi kita semua.

Itu karena di sebagian besar wilayah Australia, air keran mengandung fluoride – sebuah mineral alami yang memperkuat lapisan enamel gigi dan melindungi gigi dari pembusukan.

Air kemasan jika dibandingkan tidak mengandung kandungan fluorida yang dibutuhkan untuk dapat melindungi gigi Anda. Memilih air keran juga akan menghemat banyak uang.

Artikel sudah tayang di abc.net.au

# SNet - Red/abc.net.au

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius