Jokowi Masuk 20 Besar Tokoh Muslim Berpengaruh Dunia


Jakarta.SNet- Nama Presiden RI, Joko Widodo, kembali masuk 20 besar tokoh muslim paling berpengaruh di dunia. Empat kali survei tahun sebelumnya, yang digelar The Royal Islamic Strategic Studies Centre, Amman, Yordania, juga menempatkan Jokowi pada posisi 20 besar tokoh muslim paling berpengaruh dunia.

"Saya kira ini penghargaan untuk kita semua, sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia," kata Presiden Jokowi seperti dikutip kantor berita Antara.

Pada tahun 2018 ini, Presiden Jokowi menempati urutan 16 dari total 500 tokoh muslim yang dianggap paling berpengaruh di seluruh dunia. Nama Jokowi berada di atas Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siraj dan ulama kharismatis dari Pekalongan, Habib Luthfi bin Yahya. Said Aqil menempati urutan 22, sementara Habib Luthfi peringkat 41.

Sekjen Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Raja Juli Antoni menilai, terpilihnya Jokowi sebagai tokoh muslim berpengaruh membuktikan bahwa dunia internasional mengakui kepemimpinan Jokowi.

"Ini adalah sebuah penghargaan dan pengakuan dari dunia internasional terhadap kepemimpinan Presiden Jokowi dalam membangun Islam moderat di negara berpenduduk muslim terbanyak di dunia," ungkap Raja Juli.

Raja Juli juga menggarisbawahi langkah penyelenggara survei yang mencantumkan blusukan sebagai ciri khas dari Presiden Jokowi. Blusukan dianggap sebagai istilah untuk mendengarkan dan melihat langsung permasalahan masyarakat.

"Pak Jokowi telah membawa istilah blusukan mendunia. Blusukan menjadi cara seorang pemimpin untuk secara langsung mendengar dan melihat permasalahan di masyarakat, juga untuk membangun hubungan personal yang kuat dan tidak berjarak dengan rakyat," kata dia.

Tidak hanya soal blusukan, dalam survei itu Jokowi juga dianggap memiliki keinginan kuat untuk membangun transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan pemerintahan.

"Aneh bila dunia mengakui presiden kita sebagai pemimpin muslim yang berpengaruh, sebagian rakyat Indonesia masih ada saja yang mempertanyakaan keislaman Pak Jokowi untuk kepentingan politik," kata Raja Juli Antoni yang juga mantan Ketua Umum Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) ini.


# SNet - Red/Jokowi App

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius