Jokowi Sahabat Media


Bogor.SNet- Jokowi tahu persis apa arti media bagi dirinya dan keluarganya. Ia paham, sosoknya yang menjadi media darling turut mendongkrak karir politiknya.

Sejak menjadi Walikota Solo, Jokowi mulai mendapat lampu sorot dari berbagai media. Ia dinobatkan menjadi salah satu "Kepala Daerah Terbaik Pilihan Tempo" dan juga berbagai media lain.

Naik level sebagai Gubernur DKI Jakarta, Jokowi tetap tak melupakan pendekatan bersahabat kepada media. Selain kinerjanya memang oke, dirinya menjadi sosok kepala daerah yang mudah dihubungi dan diwawancarai media, misalnya saat Jakarta dilanda banjir besar. Ia tak pernah bersikap sok, menyalah-nyalahkan atau meredahkan profesi para pencari berita.

Demikian pula, saat menjadi presiden ketujuh Indonesia. Tak hanya Jokowi, kini lampu sorot itu juga mengarah kepada ketiga anaknya, yang pada jabatan-jabatan Jokowi sebelumnya tak terlalu banyak "diincar" media.

Si sulung Gibran Rakabuming Raka yang saat Jokowi dilantik sebagai presiden tampak begitu kaku pada media, kemudian menjadi luwes, baik dalam wawancara media maupun postingan-postingannya di media sosial. Apalagi Gibran kemudian dikenal sebagai pengusaha, dan juga mengakhiri masa lajangnya di era Jokowi sebagai presiden pada Juni 2015.

Berbagai hal itu diobrolkan Jokowi dengan keluarga berbincang santai bersama puluhan insan media di restoran Grand Garden, di kawasan Kebun Raya Bogor, pada Sabtu, 8 Desember 2018.

Jokowi dan keluarga mengapresiasi peran media yang menurutnya telah ikut membesarkan namanya. Media juga dipandang sebagai sahabat yang mengiringi perjalanan karirnya sejak menjabat sebagai Walikota Solo.

"Saya ini 2004 siapa sih yang kenal? Sebelum jadi Walikota. Atau pas pilkada pertama Walikota siapa sih yang kenal saya? Enggak ada," kenangnya.

Presiden menuturkan, ia mulai dikenal publik setelah media lokal dan nasional mulai mengangkat berita-berita tentangnya, utamanya terkait pekerjaannya saat menjabat sebagai Walikota Solo. “Dari situlah dimulai sebetulnya,” lanjutnya.

Hal senada disampaikan oleh putra pertamanya, Gibran Rakabuming yang juga memandang media sebagai teman-teman yang telah membesarkan namanya dan nama bapaknya.

Sebagai contoh, Gibran menyebutkan usaha yang digelutinya sekarang dalam bidang kuliner, bisa menjadi besar juga berkat peran media. Padahal menurutnya, martabak hanyalah makanan kaki lima yang bisa banyak dijumpai semua orang.

“Misalnya markobar, itu kan cuma makanan kaki lima. Itu kalau enggak dibesarkan teman-teman media, enggak akan jadi apa-apa,” lanjutnya.

Jokowi dan keluarga paham, media adalah sosok yang layak dianggap sebagai partner. Mitra sukses untuk maju. Memberi masukan dan kritik untuk kebaikan kita. Itulah sosok pemimpin yang bijak.

# SNet - Red/Jokowi App

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius