Jokowi Yakini Kehebatan Perempuan Indonesia


Jakarta.SNet- Beberapa kali menghadiri acara di hadapan para perempuan Indonesia, Jokowi selalu ‘pamer’ prestasinya sebagai presiden yang paling banyak mengangkat menteri perempuan di jajaran kabinet.

Tercatat, saat ini terdapat 8 perempuan Indonesia yang mengemban amanah di sejumlah pos kementerian.

“Pemerintahan di bawah kepemimpinan saya dulunya ada 9 perempuan, kemudian mundur 1 karena jadi Gubernur Jawa Timur,” ungkap Jokowi saat membuka Kongres XX Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) di Kemayoran, 30 Oktober 2018.

Sebelumnya, keberanian mengangkat banyak menteri perempuan juga disampaikan Jokowi saat menghadiri Forum Muslimah Mudah Internasional Fatayat NU di Jakarta, Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia di Yogyakarta, dan pada peringatan Hari Ibu ke-89 di Raja Ampat, Papua Barat.

“Saya ingin menyampaikan beberapa fakta yang menarik mengenai perempuan. Beberapa riset menyebut perempuan memiliki keunggulan dibandingkan laki-laki, perempuan memiliki harapan hidup lebih tinggi, perempuan lebih kuat dalam menghadapi persaingan,” kata Presiden mengutip Harvard Business Review.

Jokowi juga mengutip bahwa perempuan memiliki kemampuan untuk mengerjakan lebih banyak hal dalam satu waktu dengan lebih baik bila dibandingkan dengan laki-laki.

“Dalam kehidupan sehari-hari, kemampuan multitasking perempuan ini memang benar jauh lebih hebat dibandingkan laki-laki,” ucapnya.

Beberapa keunggulan tersebut rupanya menjadi salah satu alasan bagi Presiden mempercayakan sejumlah posisi di Kabinet Kerja kepada perempuan. Tercatat, saat ini terdapat 8 perempuan Indonesia yang mengemban amanah di sejumlah pos kementerian.

"Pemerintahan di bawah kepemimpinan saya dulunya ada 9 perempuan, kemudian mundur 1 karena jadi Gubernur Jawa Timur," tuturnya.

Sambil memperkenalkan sejumlah menteri perempuannya di hadapan peserta kongres, Presiden juga menceritakan beberapa sifat menterinya yang berbeda satu sama lain.

"Ada yang halus seperti Bu Yohana (Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) dan Bu Nila Moeloek (Menteri Kesehatan). Tapi ada yang galak juga, Bu Susi (Menteri Kelautan dan Perikanan) misalnya. Ini paling galak ini," kata Presiden.

"Kenapa banyak perempuan di kabinet yang saya pimpin? Karena saya meyakini kehebatan perempuan," imbuhnya menegaskan.

Di awal Kabinet Kerja dibentuk, ada sembilan menteri perempuan. Selain nama-nama tadi–Menkes, Menteri Kelautan, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Menteri Sosial- ada lima menteri perempuan lain: Menko PMK Puan Maharani, Menlu Retno Marsudi, Menkeu Sri Mulyani, Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri Lingkungan Siti Nurbaya.

# SNet - Red / Jokowi App

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius