Kiai Ma'ruf Targetkan Indonesia Jadi Pusat Produk Halal Dunia


Jakarta.SNet- Kisah sukses sertifikasi produk halal yang dimotori Majelis Ulama Indonesia (MUI) tak bisa dilepaskan dari sosok utama KH Ma’ruf Amin.

“Sertifikat halal itu wajib! Perintah agama serta bagian dari syariat,” kata Kiai Ma’ruf dalam beragam kesempatan.

Menurut Kiai Ma’ruf, sertifikasi halal tak hanya menjamin perlindungan konsumen dan umat Islam, melainkan juga memperkuat daya saing perekonomian Indonesia di tengah iklim perdagangan bebas dunia.

Produk halal, tegas Kiai Ma’ruf, mestinya dapat menjadi gaya hidup masyarakat luas. “Halal is my life,bukan hanya makanan, tapi juga pakaian dan perekonomian, semuanya harus serba halal, kita jadikan lifestyle,” katanya.

Peran sentral Kiai Ma’ruf Amin dalam labelisasi halal diakui banyak pihak. Mantan Ketua Umum Tanfidziah PBNU KH Hasyim Muzadi menyatakan, Kiai Ma’ruf Amin-lah yang telah mengawali konsepsi label halal. Selain itu, masih menurut Kiai Hasyim, Kiai Ma’ruf pula yang mampu mengimplementasikan fatwa terkait label halal tanpa menimbulkan gejolak.

Harapan Kiai Ma’ruf untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat produk halal dunia tak berlebihan. Indonesia – melalui MUI — sangat berpengalaman menangani sertifikasi halal, Indonesia pun negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia.

Belum lagi dukungan perundangan juga telah siap sejak lama, yakni UU No. 33/2014 tentang Jaminan Produk Halal. Bahkan Presiden Jokowi, melalui Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, telah membentuk Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) untuk menindaklanjuti UU itu.

BPJPH dibentuk melalui Peraturan Menteri Agama Nomor 42 Tahun 2016 dan dimasukkan ke dalam struktur Kementerian Agama RI. BPJPH inilah yang selanjutnya berwenang mengeluarkan sertifikat produk halal.


# SNet - Red/Jokowi App

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius