Masyarakat Diberi Pelayanan Kesehatan Gratis, Pemkab Datangkan Ahli Pengobatan Herbal


Solsel(Sumbar).SNet- Pemkab Solok Selatan (Solsel) menggelar pelayanan pengobatan gratis untuk masyarakat di daerah itu. Kegiatan yang telah berlangsung selama satu bulan ini menghadirkan ahli pengobatan herbal, Kyai Ahmad Busro yang berasal dari Dieng, Wonosobo.

Selama satu bulan berjalan, animo masyarakat diketahui sangat tinggi dalam memanfaatkan program pelayanan kesehatan gratis yang dipusatkan di Gedung Nasional Muaralabuh itu. Bahkan, diperkirakan jumlah kunjungan pasien yang datang berobat tak kurang dari 6.500 jiwa.

Melihat antusiasnya masyarakat dalam pengobatan herbal tersebut, Bupati Solsel, H. Muzni Zakaria, menjanjikan bakal kembali mendatangkan Kyai tersebut pada Maret 2019 mendatang. Hal ini disampaikan ketika menutup secara resmi pengobatan herbal gratis itu kemarin.

"Dengan banyaknya permintaan dari pasien serta melihat antusiasnya warga, serta hasil diskusi saya dengan Kyai Busro, kami sepakat Insyaa Allah Maret 2019 beliau akan kembali datang kembali ke Solok Selatan nantinya," terang Muzni yang disambut tepuk tangan masyarakat yang hadir

Bupati juga menyampaikan pengobatan yang dilakukan Kyai Busro bukanlah pengobatan abal-abal, tetapi pengobatan yang resmi yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Solok Selatan dan diawasi setiap harinya. "jadi Bapak dan Ibu jangan ragu, karna pengobatan ini sendiri atas inisiatif pemerintah kabupaten dan juga diawasi setiap harinya oleh Tim dari Dinas Kesehatan," ujarnya menjelaskan

Terkait masalah penyembuhan, Bupati yang hadir didampingi Ketua TP-PKK, Ny. Suriati Muzni, menjelaskan bahwa penyembuhan segala macam penyakit datangnya dari Allah SWT, dan bukan dari siapa-siapa. Dan tidak ada makhluk apapun yang bisa menyembuhkan, kecuali semua itu karena Ridha Allah SWT.  "Dan pengobatan herbal Kyai Busro ini hanyalah salah satu bentuk usaha kita semua untuk menyembuhkannya," ujarnya

Senada dengan itu, Kyai Busro yang datang bersama timnya tersebut juga menekankan bahwa kesembuhan itu datangnya dari Allah SWT. "Dan bukan saya yang menyembuhkan Bapak dan Ibu. Tapi yang menyembuhkan itu adalah Allah SWT," terangnya.

Ia juga menyatakan kekagumannya terhadap kepedulian Pemkab Solok Selatan di bawah kepemimpinan Bupati Muzni Zakaria yang telah mengadakan kegiatan pengobatan gratis ini selama beberapa kali di Solok Selatan. "Terus terang, saya tidak menemukan Kepala Daerah lain yang jiwa sosialnya begitu tinggi terhadap kegiatan-kegiatan seperti ini,"  ungkap Kyai Busro mengapresiasi

Sementara itu, Kadis Kesehatan Solsel, Novirman, menjelaskan bahwa pengobatan herbal yang dilakukan Kyai Busro ini telah 3 kali dilakukan di Solok Selatan, yakni 2012, 2017, dan tahun 2018 ini. Dan di setiap kunjungannya selalu diminati oleh banyak masyarakat. "Dalam satu bulan ini tercatat 6500-an lebih pasien yang berkunjung untuk melakukan pengobatan," rincinya.

Novirman juga menegaskan bahwa pelaksana dari kegiatan pengobatan ini adalah Dinas Kesehatan Kab. Solok Selatan. Dan herbalnya pun telah diakui secara medis, serta didampingi setiap harinya oleh petugas dari Dinas Kesehatan. "Jadi, kita tegaskan ini bukanlah pengobatan abal-abal. Tapi ini bentuk pengobatan alternatif yang Alhamdulillah terbukti memberikan manfaat bagi banyak orang," ujarnya meyakinkan

Salah seorang pasien, Miswarni, S.Pd, mengatakan bahwa beberapa penyakit yang ia derita Alhamdulillah mengalami kesembuhan setelah menjalani pengobatan herbal tersebut. Salah satunya adalah penyakit rematik di tangannya yang ia derita sejak 1990 silam. "Tangan saya ini mulai sering kram sejak 1990-an silam dan sulit untuk menulis. Alhamdulillah sekarang sudah tidak terasa lagi dan sudah kembali lancar menulis," terangnya di hadapan Bupati dan ratusan pasien lainnya.

"Kemarin saya juga keluhkan sakit maag yang saya derita. Kemudian Kyai Busro memijit pada bagian jari-jari di tangan dan kaki. Luar biasa sakitnya ketika dipijit tersebut. Namun Alhamdulillah, sakit maag itupun terasa hilang dan sejak itu sudah tidak pernah kambuh lagi. Untuk itu kita semua memang berharap agar Kyai Busro dapat kembali lagi melakukan pengobatan ke Solsel," harapnya di hadapan Bupati dan tamu lainnya.

Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua TP-PKK Ny. Suriati Muzni beserta keluarganya, M.Multazam Muzni, Asisten Pemerintahan DR. Fidel Efendi, Kadis Kesehatan DR. Novirman beserta jajarannya, serta sejumlah OPD.

# SNet - Red / Humas

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius