Menjaga Keseimbangan Hablum Minallah Dengan Hablum Minannas Dan Hablum Min Al - Bi'ah


Jakarta.SNet- Setiap ibadah yang diperintahkan Allah adalah untuk meningkatkan hubungan vertikal dan horizontal secara seimbang. Hubungan vertikal yaitu hubungan kita kepada Allah ( Hablumminallah), sedangkan hubungan horizontal adalah hubungan kita kepada sesama makhluk Allah (Hablumminannas), serta hubungan kita dengan alam sekitar.

Islam bukanlah agama yang memerintahkan untuk hanya beribadah saja kepada Allah tanpa memikirkan kehidupan dunia, begitu pun sebaliknya tidak juga hanya mengejar kehidupan dunia saja. Tetapi setiap ibadah itu harus seimbang antara dunia dan akhirat.

Karena itu, Ibadah seorang Muslim tidaklah lengkap tanpa keseimbangan antara pelaksanaan habluminallah dan habluminannas. Ada seorang beribadah sepanjang hari dan sepanjang malam tapi dia tidak menjaga lidahnya untuk memfitnah orang, berarti amalannya sia-sia.

Dalam kaitannya dengan Hablum Minannas satu diantaranya yang perlu kita pelajari dan amalkan dalam kehidupan sehari-hari adalah HUMAN RELATION atau yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi hubungan manusiawi. Namun demikian tidaklah mudah menterjemahkan arti kata “human relation” ke dalam bahasa Indonesia.

Secara harfiah terjemahannya adalah hubungan antar manusia, ini tidaklah salah tetapi terjemahan ini tidak mengandung makna human relations yang sebenarnya, sebab titik berat human relations adalah : “human-nya” atau manusianya. Factor manusia dalam relations ini bukan dalam wujudnya, melainkan sifat-sifat, watak, tingkah laku, atau aspek psikis lainnya pada diri manusia.

Jadi, Human Relation adalah hubungan kemanusiaan (Hablum Minannas) yang bersifat rohaniah dengan memperhatikan aspek-aspek kejiwaan yang ada di diri manusia misalnya: watak, sikap, tingkah laku, perangai, dan lain-lain aspek kejiwaan yang terdapat dalam diri manusia menuju kepuasan hati, proses ini berlangsung pada dua atau tiga orang yang terlibat dalam komunikasi antar personal yang bersifat dialogis.

Dalam bermasyarakat  ilmu human relation sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Karena dengan mempelajari dan memahami ilmu tersebut, akan membantu individu dalam berkomunikasi dan memahami orang-orang yang ada di sekitarnya pada akhirnya dapat menghindari ataau setidaknya mengurangi adanya salah komunikasi (miscommunication) dan salah interpretasi (misinterpretation).

Selain itu, dengan memahami ilmu human relation akan membawa kesuksesan dan kebahagiaan bagi setiap orang, karena seseorang akan lebih disenangi, disegani, dan dihormati oleh orang-orang di sekitarnya, dimanapun ia berada.

Sekurangnya  ada 7 HAL penting yang perlu kita ketahui dan terapkan dalam HUMAN RELATION, yaitu :

1. Terima kasih
2. Pujian
3. Mendengar
4. Perhatian
5. Kepedulian
6. Memaklumi
7. Simpati

Demikianlah sekelumit tentang pentingnya Ilmu Human Relation dalam kaitannya dengan Habulum Minannas. Semoga bermanfaat dan Selamat mengamalkan. Semoga Allah melindungi, membimbing dan  memberkahi serta Semoga Sukses selalu. Allah Bless You and Your Family. Good Luck.

# SNet - AZ

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius