Po Family Raya Tertimbun Longsor di Sitinjau Laut


Padang(Sumbar). Jalur lintas Sumatera rute Sitinjau Lauik tepatnya di titik Panorama Dua, Kota Padang, Sumatera Barat, Kamis malam 13 Desember 2018 kembali longsor.

Berdasarkan informasi yang didapat VIVA , jumlah kendaraan yang sedang melintas, terseret dan tertimbun material longsor. Tim penyelamatan dari Badan-badan dan Pertolongan Kelas A Padang saat ini tengah melakukan proses menuju ke lokasi untuk melakukan proses pertolongan dan evakuasi korban yang terjebak materi longsor.

“Kita baru saja mendapat informasi kejadian longsor di Panorama Dua. Ada kendaraan yang terseret dan tertimbun material longsor. Untuk jumlah kendaraan maupun dugaan adanya korban jiwa masih simpang siur. Namun, untuk sementara laporan yang kita terima, ada satu unit bus penumpang PO Family Raya, ”kata Staf Humas Kantor dan Pertolongan Kelas A Padang, Arif Pratama, Kamis malam 13 Desember 2018.

Saat ini, lanjut Arif, tim tengah melakukan persiapan terhadap lokasi kejadian untuk melakukan pertolongan dan evakuasi terhadap dugaan adanya korban. Selain itu, beberapa peralatan standar pendukung penyelamatan danjuga tempat bersembunyi.

“Kita belum tahu berapa jumlah kendaraan dan korban jiwa (jika ada). Yang jelas, kita akan semaksimal mungkin melakukan pertolongan dan evakuasi terhadap seluruh korban, jika memang ada. Seluruh personel yang bersebelahan, dilengkapi dengan peralatan standar penyelamatan , ”ujar Arif.

Mengingat curah hujan yang masih tinggi, Arif mengimbau kepada seluruh pengendara yang melintas di jalur yang rawan longsor agar tetap waspada. Bahkan, memilih untuk memilih jalan alternatif, meski jarak lebih jauh.

Belum bisa memastikan. Yang jelas, proses evakuasi akan terkendala dengan Cuaca yang hingga kini masih diguyur hujan lebat.

Sebelumnya, pada Rabu dini hari tanggal 12 Desember 2018, rute Sitinjau Lauik ini lumpuh total lantaran badan jalan tertimbun material longsor dengan ketinggian dua meter dan panjang material mencapai 30 meter. Akumulasi, seluruh pengendara dari dan menuju kota Padang, terjebak kemacetan.

Berkaitan dengan tingkat curah hujan yang cukup tinggi dan telah menyebabkan bencana banjir dan longsor di beberapa daerah, BPBD Provinsi Sumatera Barat, mengimbau ke seluruh pengendara dan warga yang tinggal di zona rawan banjir dan longsor untuk tetap meningkatkan kewaspadaan. Di samping itu, diperlukan, dan berlaku untuk orang-orang.

# SNet - Red/Viva

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius