Presiden Jokowi Akhirnya Resmikan Tol Bocimi


Sukabumi.SNet- Bertempat di gerbang tol Cigombong I Presiden Joko Widodo Jokowi meresmikan Jalan tol Ciawi-Cigombong, Sabtu (1/12/2018). Ruas tol dengan panjang 15,3 kilometer ini merupakan seksi I dari jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi).

Disaksikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, peresmian dilakukan pukul 13.30 WIB.

“Dengan mengucap Bismillahirahmanirahim, saya resmikan segmen Ciawi-Cigombong jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi. Terima kasih,” ujar Jokowi. Berjalan ke samping. ia kemudian menempelkan kartu uang elektronik ke meja di samping podium, yang disambut dengan bunyi sirine.

Setelah prosesi sirine, Jokowi melanjutkan dengan menandatangani prasasti peresmian jalan tol Bocimi seksi I, menandakan bahwa ruas tol Ciawi-Cigombong ini resmi beroperasi dan bisa digunakan.

Dalam sambutannya, Jokowi menyatakan bahwa penetapan pemenang lelang investasi jalan tol ini telah dilakukan sejak tahun 1997. Namun karena tak kunjung ada perkembangan signifikan, pada 2015 lalu akhirnya Presiden Jokowi memerintahkan PT Waskita Karya (Persero) Tbk, melalui anak usahanya, Waskita Toll Road, mengambil alih proyek ini.

“Penetapan sejak 1997 sudah ganti investor berapa kali. Kemudian 2015 kita mengambil alih dengan negosiasi yang alot. Baru awal 2016 betul-betul di lapangan konstruksi pembebasan lahan bisa dilakukan,” jelasnya.

Kepemilikan saham PT Trans Jabar Tol, selaku pengelola jalan tol awalnya dimiliki Konsorsoum Bukaka Teknik Utama, kemudian berpindah pada Grup Bakrie, hingga akhirnya dikuasai oleh Waskita Karya.

Setelah diresmikan, jalan tol ini akan digratiskan selama satu minggu, sebagai sosialisasi kepada masyarakat, setelah itu pengguna akan membayar sebesar Rp 1.000 per kilometer (km).

Tol Bocimi secara keseluruhan terdiri atas lima seksi, dengan panjang total 54 km. Namun, meski baru seksi I yang beroperasi, Menteri PUPR Basuki meyakini bahwa kehadirannya akan mampu mengurai kemacetan yang kerap terjadi di wilayah Timur dan Selatan Bogor.

# SNet - Red/Indonesia Dev

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius