Hubungan Agama, Bisnis dan Spiritualitas Dengan Manajemen Waktu


Jakarta.SNet- “Demi WAKTU, sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam keadaan merugi (celaka), kecuali orang-orang yang beriman, beramal shalih, saling menasehati dalam kebenaran, dan saling menasehati dalam kesabaran.” (Al ‘Ashr: 1-3)

KEMUNDURAN dan KETERTINGGALAN serta KEMISKINAN yang mendera Umat Islam Indonesia hari ini, antara lain disebabkan GAGAL dalam MANAJEMEN WAKTU. Banyak orang TIDAK SADAR bahwa mereka harus mengelola waktu dengan efektif dalam BISNIS, berkarya dan bekerja. Padahal, Kunci Sukses dari Pengembangan Bisnis dan Keseimbangan Hidup Adalah Manajemen Waktu.

Demikian kesimpulan I’tikaf Transformatif, Session II hari Sabtu, 12 Januari 2019, 20.00 - 22.30 WIB di Surau Al-Hikmah Samudra Group, Pejaten Office Park, Jakarta Selatan. Padahal, Allah telah mengingatkan bahwa semua manusia akan RUGI jika mereka GAGAL dalam MENGELOLA WAKTU. Seiring dengan itu, sudah banyak buku, seminar, dan presentasi mengenai bagaimana manajemen waktu terbaik dalam berbisnis untuk mencapai keberhasilan. Tapi sudahkan Anda menerapkan manajemen waktu yang EFEKTIF dalam bisnis Anda?

Pasalnya, Waktu adalah aspek terpenting dalam setiap kehidupan. Bagaimana cara Anda menggunakan waktu akan menentukan keberhasilan Anda. Karena itu sangat MERISAUKAN jika, sebagian besar diantara kita masih menyia-nyiakan waktunya. Sungguh, Kita Telah Menyaksikan Banyaknya Manusia Menyia-nyiakan Waktu dan Umur Mereka. Kebanyakan kita saat ini hanya mengisi waktu dengan mencari uang, berebut kekuasaan, maksiat, lalai dari ketaatan dan ibadah, dan gemar melakukan hal yang sia-sia yang membuat LALAI dari mengingat Allah (ZIKRULLAH).

Sehubungan dengan hal itulah, Spiritual Business Consultant menekankan Pentingnya Umat Islam memahami hubungan Agama, Bisnis dan Spiritualitas dengan manajemen waktu, (the relation of religion, business and spirituality to time management). Pasalnya, dari semua pengejaran kognitif, emosional, spiritual, dan perilaku membutuhkan waktu untuk terlibat. Dengan demikian, kita perlu MENGEKSPLORASI hubungan apa yang ada antara manajemen waktu seseorang dan pertumbuhan, pemeliharaan, dan pematangan spiritualitas dan praktik keagamaan seseorang di rumah dan di tempat kerja?

Berdasarkan penelitian dan pengalaman para Konsultan Spiritual di Spiritual Business Consultant terdapat hubungan yang sangat signifikan antara Religi, Spiritalitas, Manajemen Waktu dalam meningkatkan KINERJA perusahaan, terutama pengaruhnya terhadap KREATIVITAS dan PRODUKTIVITAS. Beberapa kajian dan penelitian yang sudah dilakukan adalah:

1. Memperluas dan Memperdalam Pemahaman tentang Hubungan Spiritualitas, Zikir Qalbu, dan Kinerja para Karyawan dalam Perusahaan
2. Membandingkan spiritualitas tempat kerja dan keterlibatan kerja dalam organisasi yang memberikan ZIKIR MINDFULNESS TRAINING kepada karyawan dan mereka yang tidak. Tingkat KEROHANIAN tempat kerja dan keterlibatan kerja ditemukan lebih tinggi dalam organisasi yang menawarkan Pelatihan Zikir daripada mereka yang tidak. Selain itu, zikir mindfulness memiliki hubungan yang signifikan secara statistik dengan spiritualitas tempat kerja dan keterlibatan kerja, dan spiritualitas tempat kerja sepenuhnya merenungkan hubungan antara meditasi dan keterlibatan kerja;
3. Pentingnya I’tikaf, Retreate dan Rekreasi Spiritual dalam Meningkatkan Kreativitas dan Produktivitas Karyawan.
4. Relasi Zikir Qalbu dalam meningkatkan Kualitas Berpikir dan Kecerdasan Emosional;
5. Pentingnya Tata Ruang, Feng Shui atau Tata Rakiting Wewangunan dalam Meningkatkan Kesejahteraan.

Jadi, Manajemen Waktu dalam Kehidupan, Dakwah, Bisnis, dan Politik berarti,
“Bagaimana mengelola waktu Anda secara efektif dengan merangkum semua tugas penting di dalamnya.” Kita semua dikaruniai waktu yang sama, ada yang menggunakannya secara efisien dan yang lain membuangnya. Guru Bhagwan mengatakan, jika Anda mencintai kehidupan maka jangan buang waktu karena waktu adalah ANUGERAH Allah yang harus SYUKURI. Maka, manfaatkan waktu dengan bijaksana.

Sedangkan, KUNCI dari manajemen waktu adalah perencanaan (PLANNING)! Tanpa ini, anda tidak akan pernah berhasil menata waktu apalagi meraih hasil optimal. Betapapun enggannya anda karena terkesan membosankan, namun menyusun daftar panjang kegiatan ini-itu yang harus dilakukan, menyisihkan waktu sejenak untuk berpikir mana dari daftar itu yang harus dipilih terlebih dahulu untuk dilaksanakan esok hari, lusa, minggu depan atau bulan depan, adalah momen paling kritis bagi anda untuk mengontrol waktu ‘hidup’ anda sendiri.

# SNet - AZ

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius